Yudi Syamhudi Ditangkap Bareskrim Mabes Polri

AKTAINDONESIA.COM, JAKARTA – Bareskrim Mabes Polri melakukan penangkapan terhadap Aktivis Yudi Syamhudi Suyuti. Yudi ditangkap atas tuduhan makar. Penangkapan ini dilakukan beberapa hari setelah video pernyataannya tentang Negara Rakyat Nusantara viral di media sosial maupun media massa.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Yudi datang ke Bareskrim Mabes Polri, Rabu (29/1/2020) sekitar pukul 10.00 WIB. Kedatangannya untuk memenuhi panggilan Mabes Polri sebagai saksi atas laporan seseorang yang bernama Hengky Saputra. Laporan ini dengan nomor LP/B/0041/1/2020/Bareskrim tanggal 22 Januari 2020.

Tidak diketahui apakah pemanggilan ini berkaitan dengan video viral Negara Rakyat Nusantara atau tidak. Berdasarkan klarifikasi Yudi beberapa saat lalu, video itu sendiri diupload pada 27 Oktober 2015.

Ia diminta keterangan sebagai saksi dalam perkara dugaan tindak pidana makar dengan niat menggulingkan pemerintahan yang sah dan atau kejahatan terhadap penguasa umum dan atau penyebaran berita bohong. sebagaimana dimaksud dalam Pasal 110 KUHP Jo Pasal 107 KUHP Jo Pasal 87 KUHP dan atau pasal 207 KUHP dan atau Pasal 14 dan atau Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Setelah dilakukan Berita Acara Pemeriksaan (BAP), status Yudi Syamhudi Suyuti langsung naik sebagai tersangka. Belum bisa dipastikan kapan dan pukul berapa Yudi ditangkap, namun surat penangkapan atasnya dengan nomor SP Kap/04 SubditI/I/2020/Dit Tipidum dikeluarkan pada hari Rabu 29 Januari 2020 pukul 20.00 WIB.
Berita penangkapan Yudi Syamhudi Suyuti ini dibenarkan oleh istrinya yang bernama Nelly. Saat dihubungi melalui pesan WA, ia mengaku mendampingi suaminya di Mabes Polri

“Ini di sebelah saya. Masih ditahan di Bareskim di Tipidum (Tindak Pidana Umum-red),” kata Nelly, Kamis (30/1/2020) pukul 12.53 WIB.

Baca Juga :  Hallo PNS! Gaji ke-13 Akan Cair, Uang Pensiun Juga Naik

Saat ditanya tentang penerbitan surat penahanan Yudi, Nelly hanya menjawab singkat.

“Belum,” ujarnya.

Kabar penahanan Yudi ini mendapat reaksi keras dari Sri Bintang Pamungkas. Dalam tulisannya yang beredar di WA Group, ia mengabarkan bahwa Yudi ditangkap sebagai tersangka makar.

“Yudi ditangkap sbg Tersangka Makar (bermufakat untuk menyerang dan menggulingkan) Pemerintah dan Menghina Pemerintah/Aparat Pemerintah. Yaitu atas pernyataannya pada 2015 tentang perlunya mendirikan Negara Nusantara… Rezim ini semakin KALAP… Segala kritik yg menunjukkan kegagalan Rezim dalam menjalankan Negara ditanggapi secara IRASIONAL… Yudi harus dibebaskan! ” tulisnya, Kamis (30/1/2020) sekitar pukul 14.00 WIB.

Sumber : SUARAMERDEKA.ID

__Terbit pada
31/01/2020
__Kategori
Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PropellerAds