Waspada! Kawasan Ngarai Sianok Bukittinggi Masih Rawan Longsor

AKTAINDONESIA.COM, BUKITTINGGI – Beberapa daerah di Sumatera Barat masih terdampak tingginya curah hujan beberapa waktu terakhir di daerah ini, banjir dan longsor terjadi dibeberapa daerah, Seperti halnya di Bukittinggi, warga diimbau untuk selalu waspada melintasi kawasan Ngarai Sianok, yang masih rawan longsor akibat intensitas hujan yang tinggiu tersebut.

Kepala BPBD Bukittinggi, Ibentaro Samudra menyampaikan kawasan ngarai sianok memang rawan longsor jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi, dikarenakan tebing ngarai yang mayoritas teksturnya tanah dan bisa saja jatuh.

“Karena tekstur tebing masih berupa tanah, maka bisa saja menghantam ke jalan jika hujan deras terjadi. Maka dari itu kepada masyarakat yang melintasi lokasi itu diminta untuk waspada,” jelasnya, Sabtu (21/12/2019).

Ia menambahkan hujan deras yang terjadi pada Kamis (19/12/2019) malam lalu setidaknya terdapat beberapa titik longsor di kawasan ngarai hingga perbatasan Bukittinggi – Agam Ngarai Sianok.

“Jumat malam kembali jatuh karena tekstur tanah masih labil sehingga akses jalan tertutup. Ini sangat membahayakan nyawa warga yang melintas, jika terdengar suara hantaman dari tebing sebaiknya menghindari lokasi kejadian atau berputar arah,” terangnya.

Ibentaro juga menyampaikan akibat hujan deras yang terjadi Kamis malam lalu setidaknya merendam ratusan rumah warga di tiga kecamatan di Bukittinggi, termasuk tempat ibadah, sekolah, toko-toko masyarakat dan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Hujan deras juga menyebabkan amblasnya jalan di by pass Gulai Bancah Bukittinggi sehingga menyebabkan satu orang meninggal karena terperosok kedalam lobang.
“Karena saat ini hujan masih menguyur kota Bukittinggi, kepada masyarakat diminta melek akan bencana banjir dan longsor. Terutama mengingat listrik di rumah agar segera dimatikan jika air sudah mengenangi rumah,” ungkapnya.
Ia juga menyebutkan masyarakat juga diminta untuk menghindari kawasan yang ada tebing karena sangat beresiko.
“Keselamatan tetap nomor satu, jaga keluarga dari bencana, ingat bencana bisa saja datang kapanpun ya ng penting tetap waspada,” imbaunya.

Baca Juga :  Viral! Foto Blur Mahasiswi Pengurus Lembaga Dakwah di UGM
__Terbit pada
21/12/2019
__Kategori
Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PropellerAds