Warga 29 Kelurahan Di Pekanbaru Segera Mengganti Administrasi Kependudukan

AKTAINDONESIA.COM, PEKANBARU – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI telah mengeluarkan surat keputusan terkait kodefikasi wilayah pemekaran di Kota Pekanbaru. Oleh karenanya, warga di 29 kelurahan harus mengganti administrasi kependudukan (Adminduk) akibat terdampak pemekaran kecamatan tersebut.

29 kelurahan perlu mengganti KTP,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru Irma Novrita, Sabtu (2/4).

Menurutnya, total kelurahan dalam kecamatan yang dimekarkan terdapat 32 kelurahan. Namun, 3 kelurahan diantaranya masih masuk dalam kecamatan yang lama atau tidak mengalami perubahan fisik.

Sehingga warganya tidak perlu mengganti KTP, karena yang berubah dari kelurahan itu hanya kode wilayah saja. Kode wilayah tidak tercantum dalam KTP.

“Kode wilayah ada 32 kelurahan yang berubah. 3 di antaranya kecamatan tidak berubah, hanya kodenya. Artinya tidak terlihat di fisik KTP. Sedangkan 29 kelurahan ini yang berubah data (fisik), nama kecamatannya berubah,” jelasnya.

Irma mengatakan akan segera mengumumkan waktu bagi warga untuk melakukan perubahan Adminduk. “Kita lakukan pengecekan sistem dulu, apakah masih ada masalah atau tidak (perubahan Adminduk, red), baru kita umumkan,” katanya. (Kominfo10/RD5)

Baca Juga :  Jelang Pelantikan Dr Junaidi Jadi Rektor Unilak