Jeruk Nipis Diyakini Ampuh Tangkal Virus Corona

AKTAINDONESIA.COM, JAKARTA – Pemerintah telah umumkan terdapat dua orang Warga Negara Indonesia (WNI) dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dan menjaga daya tahan tubuh guna mengurangi potensi terinfeksi virus corona.
Menurutnya, kunci utama dalam menghindari corona adalah dengan menjaga daya tahan tubuh. Tidak semua kontak fisik menyebabkan penularan virus corona.

Tubuh yang memang fit merupakan faktor penting agar kita tetap produktif. Terkadang kesibukan membuat masyarakat melupakan pentingnya menjaga stamina tubuh untuk tetap sehat.

Agar tubuh tetap fit, kita perlu mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan imunitas tubuh. Salah satu makanan atau tumbuhan yang bisa menjaga daya tahan tubuh adalah Jeruk nipis. Selain dapat sebagai imun didalam tubuh, jeruk nipis mengandung vitamin C yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Vitamin C mempunyai banyak fungsi di dalam tubuh termasuk sebagai koenzim.

Salah seorang petani jeruk nipis di Pekanbaru, Pak Roni mengatakan ekonomi keluarganya menjadi semakin baik semenjak ia menjadi petani jeruk nipis. Harga jual terbilang cukup tinggi dan relatif stabil di pasaran juga merupakan tanaman asli yang ditanam oleh petani Indonesia, dan juga sudah digunakan turun temurun sebagai bahan masakan dan obat-obatan. Jeruk nipis ini juga tinggi akan antioksidan yang berfungsi sebagai zat pencegah radikal bebas yang dapat menimbulkan kerusakan pada sel-sel tubuh.

Berbagai penelitian menyebutkan jeruk nipis memiliki fungsi sebagai anti inflamasi dan antioksidan, sehingga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan virus maupun bakteri. jeruk nipis ini sebetulnya tersebar hampir di seluruh daerah di Indonesia, seperti di daerah Jawa, Sumatra dan Sulawesi.

Baca Juga :  Vanessa Rilis Single Terbaru 'Aku Masih Punya Hati'

Jeruk nipis terbukti memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh supaya tidak terserang penyakit, bakteri dan virus berbahaya. Seperti virus Corona yang beberapa waktu terakhir menyerang saentero negeri, Antioksidan yang terkandung didalam jeruk nipis tentu akan dapat sebagai salah satu cara efektif dan sederhana untuk menangkal bahaya virus tersebut.

Secara kesehatan untuk mencegah virus adalah dengan rajin mencuci tangan dengan air dan sabun, hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut saat tangan kotor. Hindari juga kontak langsung dengan hewan liar dan ternak, serta menggunakan masker saat aktivitas.

Namun semua itu akan percuma bila tidak menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Untuk itu, mengkonsumsi jeruk nipis (peras) dipagi hari adalah salah satu upaya prefentif pencegahan penyebaran virus dan meningkatkan sistem imun tubuh.

__Terbit pada
04/03/2020
__Kategori
Lifestyle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PropellerAds