Viral! Rp.16000/Dolar AS

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat telah menembus Rp16.000 per dolar AS. Itu bisa dilihat berdasarkan nilai tukar rupiah terhadap dolar yang dipatok perbankan sebagai kurs jual.

Kurs Bank Mandiri misalnya, mematok harga jual dolar sebesar Rp16.150 dengan harga beli sebesar Rp15.850. Sementara itu, Bank Central Asia mematok harga jual dolar sebesar Rp16.150 sedangkan harga beli Rp15.950.

Meski begitu, jika dirujuk berdasarkan data di pasar spot, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat masih bergerak dikisaran Rp15.380-15.405 per dolar AS. Melemah dikisaran 1,23 persen dari data penutupan perdagangan kemarin.

Kepala Ekonom Bank Permata, Josua Pardede menjelaskan, pasar keuangan regional cenderung terkoreksi karena investor global mengurangi modalnya dari pasar keuangan negara berkembang dan masuk ke safe haven asset termasuk dolar AS. Tidak terkecuali rupiah Indonesia.

“Potensi perlambatan ekonomi global yang cukup signifikan yang diikuti probabilitas pelaku pasar global bahwa resesi global mendorong investor global untuk memegang cash dollar AS,” kata dia melalui pesan singkat, Kamis, 19 Maret 2020.

“Di tengah koreksi di pasar keuangan global dimana investor asing cenderung keluar dari pasar keuangan domestik, kita perlu mendorong supaya investor domestik juga masuk ke pasar keuangan baik saham dan obligasi untuk membatasi koreksi lebih lanjut yang berikutnya dapat membatasi pelemahan rupiah lebih lanjut,” tuturnya.

Ia menambahkan, “Selain itu bagi masyarakat, diharapkan tidak perlu panik dan tidak bertindak spekulatif apalagi sebagian masyarakat memiliki pendapatan dan pengeluaran dalam rupiah sehingga tidak terpengaruh langsung terhadap masyarakat,” kata Joshua.

Baca Juga :  900 Karyawan PT. Wahana Karsa Swandiri Di PHK
__Posted on
19/03/2020
__Categories
News

Author: Akta Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PropellerAds