Ujian Berat Garuda Nusantara U-19

Ujian Berat Garuda Nusantara U-19

Ujian Berat Garuda Nusantara U-19

 

AKTAINDONESIA.COM, JAKARTA – Ujian mental yang berat bagi Tim Garuda Nusantara atau Tim Nasional U-19 Indonesia dalam uji coba Internasional jelang Piala Asia u-19 2018. TimNas Indonesia hanya mampu meraih 1 kali menang dalam 4 kali pertandingan.

Namun, sang pelatih Indra Sjafri membulatkan keyakinan bahwa anak asuhnya telah siap 100% untuk beraksi pada kejuaraan yang mulai bergulir hari ini (Kamis, 18/10).

“Saya percaya anak-anak sudah di peak performancenya. Kita akan lakukan apa pun menit demi menit untuk capai target yang telah dibebankan,” kata pelatih yang ditarget meloloskan timnas U-19 Indonesia ke Piala Dunia U-20 di Polandia tahun depan.

Kepercayaan Indra didasarkan pada peningkatan hasil uji coba anak asuhnya. Tim yang diberi julukan sebagai ‘Garuda Nusantara’ itu ditahan imbang Thailand 2-2 dan takluk dengan skor besar 0-3 dari Tiongkok pada kejuaraan PSSI Anniversary Cup U-19, akhir September lalu.

Hasil lebih baik didapatkan tiga minggu berselang. Timnas U-19 Indonesia menyerah di tangan Arab Saudi 1-2 pada 10 Oktober sebelum menang tipis 3-2 atas Yordania lima hari berselang.

“Penyelesaian akhir memang harus ditingkatkan, tapi yang mencetak gol tidak harus striker. Kalau perlu, kiper cetak gol pun kita senang saja. Jadi ketika pemain lawan main compact defense, ya kita harus main melebar dan melakukan shooting jarak jauh. Tapi orang kita tidak mengapresi itu,” jelas Indra.

Timnas U-19 Indonesia akan melakoni laga perdana Piala AFC U-19 dengan melawan Taiwan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) hari ini. Untuk menghadapi laga nanti, Indra mengaku mewaspadai kerja keras tim lawan.

Baca Juga :  Timnas Indonesia U-16 Masuk Perempat Final AFC U-16, Setelah Tahan Imbang India

“Taiwan seperti yang kita tahu karakternya mereka pekerja keras dan selalu all out di setiap laga. Itu yang kita waspadai.”

Indra diprediksi akan tetap memainkan skema andalan 4-3-3 dalam laga nanti. Duet bek tengah diisi Nurhidayat dan Rachmat Irianto, dan untuk trisula di lini tengah ada M Luthfi Kamal, Witan Sulaeman, dan Syahrian Abimanyu. Pemain bintang Egy Maulana Vikri mungkin juga akan dimainkan dalam laga ini. Ia akan berkolaborasi dengan Rafli Mursalim di sektor serangan.

“Saya sudah bergabung dengan tim sekitar 10 hari dan sudah klop dengan teman-teman dan siap laga besok. Laga besok akan dimenangi tim yang berusaha keras,” kata Egy di Lapangan ABC Senayan, kemarin.

Terbelit masalah

Sementara itu, tim nasional U-19 Taiwan enghadapi banyak cobaan sebelum turun di putaran final Piala Asia U-19 2018. Pasalnya tim yang dipimpin Vom Ca Nhum itu tidak mendapat dukungan penuh dari federasi negara mereka.

Ca Nhum berujar bahwa persiapan timnya tidak ideal karena federasi mereka tengah menjalani pemilihan pengurus tahun ini. Hal itu berdampak pada tidak adanya satu pun laga uji coba internasional yang digelar untuk persiapan.

“Kami melalui berbagai cobaan dalam persiapan kami. Kami dalam masa yang sulit karena sedang ada pemilihan dalam federasi. Tapi di sepak bola semua bisa terjadi, dan saya berharap semua pemain dalam kondisi bagus dan tidak ada yang cedera,” kata Ca Nhum.

Ca Nhum juga tidak mengkhawa-tirkan potensi teror dari pendukung Indonesia.

Admin

aktaindonesia.com adalah portal media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Portal berita ini selama 24 jam dalam sepekan selalu update. Selengkapnya

leave a comment

Create Account



Log In Your Account