Lifestyle

Tongkat Ali, Dipercaya Bikin Pria Perkasa

AKTAINDONESIA.COM – TONGKAT ALI atau lebih dikenal juga dengan nama Pasak Bumi, tanaman herbal ini sangat dipercaya bagus untuk keperkasaan pria.

Loading...

Nama lain dari tongkat ali adalah purwaceng (Euricoma longifolia). Benarkah bisa bikin pria makin perkasa?

Ahli herba, dr Abrijanto SB, MSi menuturkan beberapa literatur menyebut pasak bumi memiliki efek afrodisiak. Herbal ini memiliki kemampuan meningkatkan kadar hormon testosteron pada dosis tertentu.

“Pemberian pasak bumi(tongkat ali) pada pria dengan infertilitas idiopatik mampu meningkatkan konsentrasi sperma, motilitas sperma dan morfologi sperma,” jelas dr Abri dalam diskusi tentang Herbana, brand suplemen herbal terbaru dari PT Deltomed Laboratories, baru-baru ini.

Sebuah penelitian menyebut pemberian air akar Tongkat Ali selama dua kali sehari selama 10 hari pada tikus terbukti meningkatkan libidonya. Hal itu diamati melalui tingkah laku yawning dan stretching yang dianggap suatu gerakan mencerminkan timbulnya libido pada tikus.

Penelitian lainnya, lanjut dr Abri, masih dengan menggunakan objek tikus, ekstrak air pasak bumi terkait dengan peningkatan jumlah, motilitas dan viabilitas sperma tikus.

Studi pada manusia juga pernah digelar melalui penelitian acak tersamar ganda pada 109 responden laki-laki berusia 30-50 tahun. Nah, pada kelompok pria yang mendapat ekstrak air pasak bumi menunjukkan nilai yang tinggi dalam fungsi ereksi. Libido seksual dan motilitas sperma juga mengalami peningkatan setelah mengonsumsi ekstrak air pasak bumi selama 12 pekan.

Tak cuma bagian akar, bagian lainnya seperti batang, kulit batang dan daun juga disebut memiliki manfaat yang baik.

dr. Abrianto

“Salah satu penelitian menjelaskan bahwa aktivitas farmakologi yang dimiliki oleh pasak bumi berupa antiplasmodik dimiliki oleh akar, batang, kulit batang dan daun. Aktivitas antimikroba dimiliki oleh bagian daun, akar dan batang,” papar dr Abri.

“Aktivitas sitotoksik, afrodisiak dan anti-ulkus dimiliki oleh bagian akarnya. Aktivitas anti-tumor dimiliki oleh bagian daun, serta manfaat lainnya,” imbuh dr Abri.

Meski sejumlah penelitian mengungkap manfaat pasak bumi bagi keperkasaan pria, namun sebaiknya para pria tetap menjaga pola hidup sehatnya, misalnya dengan menghindari rokok, makan makanan yang bergizi, serta rutin berolahraga.

Loading...
Baca Juga :  Manfaat Dibalik Asamnya Air Jeruk Nipis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *