Tingkatkan Pemahaman, Pendamping Desa Di Bengkalis Lakukan Simulasi Kerja

AKTAINDONESIA.COM.BENGKALIS-Peran pendamping desa dalam mensukseskan proses kegiatan di desa sangatlah penting, pendamping desa dituntut memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai proses kegiatan di desa.

Dalam upaya meningkatkan pemahaman pendamping desa dalam memfasilitasi kegiatan di desa, Pendamping Desa di kecamatan bengkalis melaksanakan simulasi beberapa kegiatan yang dilakukan di desa.

Simulasi dilakukan dengan membagi kedalam beberapa kelompok, masing-masing kelompok siberikan tema pembahasan. Diantara materi pembahasan setiap kelompok yaitu peran pendamping terkait teknis penyusunan RKP, Penggalian potensi desa, penyertaan modal desa, penyertaan modal masyarakat  di BUMdesa, pengelolaan aset desa melalui BUMDesa, Kerjasama Antar BUMDesa, Kerjasama BUMDesa dengan pihak ketiga, serta peran pendamping desa terkait LPJ BUMDes.

Dalam simulasi tersebut, disamping menjabarkan materi serta tugas masing peran yang berada di desa, peserta kelompok lain diberikan kesempatan untuk bertanya sehingga susana diskusi dan simulasi berjalan alot.

Simulasi berpusat di Aula Kantor camat bengkalis, hadir dalam simulasi tersebut Koordinator Kecamatan Baru Pratama S.IP, Advisor, Marvin Samudra, serta Fakhtiar Kodri selaku Koordinator Kabupaten.

Kepada media, koorkab Bidang Ekonomi Fakhtiar Kodri mengatakan beratnya tugas pendampingan yang dilakukan pendamping desa di desa diperlukan pemahaman yang luas mengenai tupoksi pendamping desa, simulasi bertujuan agar pendamping semakin pro aktif ketika bekerja di desa.

“Ini kondisi ril yang terjadi di lapangan, tugas pendampingan¬† di desa menghendaki pendamping pro aktif, simulasi ini bertujuan bagaimana pendamping desa bidang ekonomi benar-benar memahami tupoksinya,” Ujar Faktiar kodri¬† selaku Koordinator Kabupaten, Senin,(3/9/2019).

Baca Juga :  DPP KNPI Sesalkan Gubernur Jambi Fasilitasi Musda KNPI Yang Ilegal
__Posted on
03/09/2019
__Categories
Info Daerah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PropellerAds