Nasional

Syarwan Hamid Kembalikan Gelar Adat

AKTAINDONESIA.COM, PEKANBARU – Menggunakan kursi roda, mantan Menteri Dalam Negeri, Letjend TNI Purn Syarwan Hamid menggembalikan gelar adat kepada Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Rabu (19/12/2018).

Syarwan dalam pernyataan saat tiba di halaman LAM Riau mengatakan, pengembalian gelar adat itu, karena dia menilai LAM Riau sudah masuk ke ranah politik saat memberikan gelar Datuk Setia Negara kepada Presiden Jokowi, Sabtu (15/12/2018).

Syarwan Hamid Kembalikan Gelar Adat ke LAM Riau

“Dimana moralitas LAM, ketika di tahun politik ini, memberikan gelar adat kepada Jokowi. Kita tahu, saat ini ada dua kelompok besar yang berkompetisi. Kenapa harus memberikan gelar adat di situasi seperti ini,” sebutnya.
Selanjutnya, Syarwan mengatakan, dengan pemberian gelar adat kepada Presiden Jokowi, maka LAM telah menjual diri. “Dimana moralitas anda,” sebutnya.

Syarwan datang ke LAM Riau didampingi oleh beberapa tokoh dan ormas serta pasukan Laskar Melayu Bersatu.

Sebagaimana dijadwalkan Syarwan Hamid kembalikan gelar adat yang diberikan kepadanya karena LAM memberi gelar kepada Presiden RI Joko Widodo.

Penyerahan ini juga disertai dengan apel pasukan yang dilakukan Laskar Melayu Bersatu di halaman LAM.

Sebagaimana diketahui sebelumnya Tokoh Melayu Riau, Syarwan Hamid tetap teguh dengan pendiriannya untuk menanggalkan gelar adat Datuk Lela Seri Negara jika LAM Riau tetap memberikan gelar adat kepada Presiden Joko Widodo.

Syarwan Hamid mengatakan, hal itu merupakan bentuk nyata dirinya dalam mempertahankan marwah Melayu Riau.

Syarwan Hamid menuturkan bukan dia saja tokoh Riau yang keberatan dengan sikap pengurus LAM Riau itu.

“Sebenarnya bukan saya saja tokoh Riau yang keberatan atas sikap pengurus LAM Riau. Banyak mereka hubungi saya melalui pesan Wahatsapp, semuanya keberatan,” ujar Syarwan sebelumnya.

Baca Juga :  Ditemukan Mayat Dalam Karung di Pelalawan Riau

Berikut Surat yang dibacakan Syarwan Hamid sembari mengembalikan gelar adat ke LAM Riau.

Surat Pengembalian Gelar Adat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *