Surau Tuo

AKTAINDONESIA.COM -Sering kita mendengar pernyataan bahwa beragama itu harus dengaan ilmu. Maka belajarlah dengan orang yang berilmu.

Sekarang pertanyaannya: orang yang berilmu itu seperti apa sih πŸ€” ??? Menurut Saya, orang yang berilmu itu tidak hanya sekedar hafal banyak dalil, hadist maupun kitab. Tetapi, orang yang berilmu itu adalah: ibarat atau chef yang mampu mengolah bahan-bahan mentah (dalil) menjadi makanan yang sedap, lezat, bergizi, sehingga mengakibatkan badan jadi sehat, tenaga jadi kuat, otak jadi cerdas, intinya, sangat bermanfaat untuk tubuh dan jadi rahmad bagi sekalian alam, sesuai dengan apa yang diharapkan nabi.

Sebaliknya, orang yang hanya hafal banyak dalil, hadist dan kitab sekalipun tetapi tidak mampu mengolahnya,.. Saya katakan sama saja dengan pedagang pasar πŸ˜„. Dan mirisnya, banyak juga masyarakat yang tergiur untuk memakan apa yang disajikannya. Apalagi nafsu makannya sedang tinggi-tingginya mungkin akibat lelah ber-hijrah. Namun bukannya manfa’at yang didapat melainkan perut jadi mules .. bahkan sampai mencret-mencret, badan panas dingin, jantung berdebar-debar, bibir pecah-pecah πŸ˜‚

Disitulah kadang Saya merasa rindu dengan suasana surau tuo di kampung, bangga dengan Minangkabau tempoe doeloe.. karena disinilah gudangnya para chef handal. Tidak hanya chef di restoran-restoran mewah, bahkan koki kaki Lima pun, mampu menyajikan makanan rasa bintang Lima yang begitu lezat tiada tara.. .ma’nyuus.. benar-benar ni’maat bin abdul qodir πŸ˜‚. Sering kita dapatkan kajian2 dengan paparan penuh makna yang begitu menyejukkan hati jauh dari cacimaki apalagi ujaran kebencian. Bahkan sangat jarang kita dengar buya2.. tuak ongku2.. menyebut ayat atau hadist dalam paparannya. Surat apaa.. ayat berapaa.. hadist nomor berapa… ??? Apalagi suruh buka halaman 212 baris ke tiga pojok kanan arah ke bawah 🀣. Tapi belakangan kita sadar.. bahwa apa yang disampaikan buya2 dulu itu sudah ayat atau hadist itu sendiri.

Baca Juga :  Perantau Minang β€œMakan Bajamba” di Medan

Salauuut buyaa… πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

helm”s😏
Warga NU Pelalawan.

__Terbit pada
13/05/2020
__Kategori
Kolom, Pesona

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PropellerAds