Internasional

Somalia: Serangan Udara AS Tewaskan 8 Militan

AKTAINDONESIA.COM, SOMALIA – Militer AS mengatakan pihaknya melancarkan serangan udara pada Sabtu (15/12) di Somalia, menewaskan sedikitnya delapan militan al-Shabab.

Warga sipil tidak terlibat dalam serangan udara di dekat Gandarhse, sebuah wilayah tepi pantai sebelah selatan Mogadishu itu, menurut Komando Afrika AS.

Militer mengatakan serangan itu dilakukan dengan berkoordinasi erat dengan pemerintah Somalia untuk mengurangi pergerakan al-Shabab. Sepanjang tahun ini, militer AS telah melancarkan sedikitnya 40 serangan udara terhadap kubu-kubu kuat al-Shabab di berbagai wilayah Somalia.

Juga pad Sabtu, di Kota Baidoa, kekacauan dan protes berlanjut untuk hari ketiga terkait penangkapan Mukhtar Robow, bekas wakil pemimpin al-Shabab, yang merupakan kandidat utama presiden dari negara bagian South West dalam pemilu mendatang.

Robow ditangkap pada Kamis (13/12) dan dipindah ke Mogadishu. Langkah itu membuat berang para pendukungnya, yang bentrok dengan polisi. Sedikitnya 12 orang tewas, termasuk seorang anggota parlemen.

Pihak berwenang mengatakan sedikitnya 200 warga sipil ditangkap menyusul bentrokan itu.

 

 

 

voaindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *