Lifestyle

Sembuh Asam Urat dengan Sayur Okra

AKTAINDONESIA.COMASAM URAT merupakan kondisi di mana seseorang mengalami nyeri yang sangat luar biasa di area persendian. Umumnya penyebab utama dari asam urat ini ialah pengonsumsian makanan berpurin tinggi. Tahukah Anda?

Loading...

Mereka yang mengabaikan penyakit asam urat ini bisa mengalami kelumpuhan akibat kerusakan sendi. Untuk terhindar dari bahaya tersebut, salah satu upaya pencegahan yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mengonsumsi sayur okra.

sayur yang sering disebut kacang Arab ini merupakan sejenis sayuran yang sudah sangat populer di Mediterania, dan juga India. Selain diolah menjadi berbagai jenis makanan, tanaman sayur okra ternyata memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Okra ini juga kerap disebut ladyfingers, lantaran memiliki bentuk yang panjang dan agak meruncing pada bagian ujungnya. Di Indonesia sendiri, jenis sayuran yang satu ini memang kurang populer. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman saat ini tanaman sayur okra sudah mulai dikenal oleh sebagian masyarakat.

Tanaman sayur okra biasanya diambil saat kondisi buahnya masih muda untuk diolah menjadi sayur atau diolah menjadi beberapa jenis masakan lainnya.

Selain diolah menjadi berbagai jenis makanan, tanaman sayur okra ternyata memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan di India, sayur okra ini sudah diyakini bisa mencegah sekaligus mengobati beberapa macam penyakit.

Tanaman sayur okra diperkaya oleh kandungan air 70–80%‚ kalium 6.68%‚ protein 3.90%‚ karbohidrat 1.4%‚ kalori 39.97 kal/100 g‚ dan fosfor 0.77%. Di mana semua kandungan tersebut bisa mencegah sekaligus mengobati beberapa macam penyakit, termasuk salah satunya penyakit asam urat.

Bagian tengah pada sayur okra memiliki lubang dan juga lendir. Ini menunjukkan bahwa sayur okra mengandung banyak serat. Di mana serat inilah yang bisa mengobati asam urat, karena saat kandungan serat masuk ke dalam tubuh akan meningkatkan kinerja ginjal dalam menyerap kadar asam urat yang nantinya terbuang melalui urine.

Dengan demikian, kadar asam urat tinggi yang sebabkan nyeri sendi akan berangsur berkurang. Lalu bagaimana cara mengobati penyakit asam urat dengan tanaman sayur okra? Untuk mengobati asam urat biasanya akan dilakukan dengan cara membuat ramuan obat.

Berikut cara mengolah tanaman sayur okra menjadi obat asam urat alami
– Siapkan 3–4 buah okra yang telah dipotong-potong menjadi beberapa bagian.
– Lalu rendam ke dalam dua gelas air.
– Selanjutnya masukan air rendaman pada pendingin selama tiga jam.
– Setelah berlangsung selama 3 jam, air rendaman berubah menjadi lendir.
– Saring untuk memisahkan ampas dari air rendamannya.
– Selesai, minum air rendaman berupa lendir tersebut secara rutin.
Nah itulah tadi informasi mengenai tanaman sayur okra yang bisa diolah menjadi obat asam urat alami, yang manfaatnya bisa mencegah sekaligus mengobati penyakit asam urat.

Loading...
Baca Juga :  Manfaat Daun Sirih Merah untuk Penderita Asam Urat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *