Kolom

Selamat Hari Raya Idul Adha Untuk Umat Muslim Sedunia

AKTAINDONESIA.COM – IDUL ADHA merupakan hari Raya umat Muslim se dunia, lazimnya di Indonesia siap-siap menyambut dan memperingatinya dengan penuh suka cita, ini juga saatnya untuk berkurban dan berbagi bagi kita yang mampu.

Loading...

Idul Adha ini juga merupakan hari raya yang sangat menarik, banyak sekali kegiatan ibadah didalamnya dan juga hikmah positif yang bisa kita ambil dan teladani bersama.

SEJARAH IDUL ADHA

Idul Adha adalah sebuah hari raya umat Muslim. Pada hari ini diperingati peristiwa qurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.

Pada hari raya ini, umat Muslim berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Ied bersama-sama di tanah lapang atau di masjid, sama halnya seperti ketika merayakan Idul Fitri. Setelah salat, dilakukan penyembelihan hewan qurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.

Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah, jatuh persis 70 hari setelah perayaan hari raya Idul Fitri.

Pusat perayaan Idul Adha adalah sebuah desa kecil di Arab Saudi yang bernama Mina, dekat Mekkah. Di sini ada tiga tiang batu yang melambangkan Iblis dan harus dilempari batu oleh umat Muslim yang sedang menunaikan ibadah Haji.

Idul Adha adalah puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim. Terkadang Idul Adha disebut pula sebagai Idul Qurban atau Lebaran Haji.

MAKNA IDUL ADHA

Selain ibadah kurban dan haji, berikut ini adalah makna-makna dari perayaan Hari Raya Idul Adha yang bisa kita petik:

Semangat untuk Berbagi kepada Sesama
Pada setiap peringatan hari raya Idul Adha, setiap umat Muslim yang mampu dianjurkan untuk membeli dan menyembelih hewan kurban. Setelah itu, daging kurban tidak hanya disantap sendiri atau bersama keluarga saja tetapi juga dibagikan kepada sanak saudara yang lain, para tetangga, serta orang-orang di sekitar yang membutuhkan. Dari semua kegiatan ini, Idul Adha dapat menumbuhkan semangat tolong menolong dan berbagi kepada sesama.

Pengorbanan
Hari raya Idul Adha juga mengajarkan umat Muslim untuk memberikan pengorbanan, dalam hal ini adalah pengorbanan untuk mencari dan membeli hewan kurban yang baik dan sehat untuk disembelih dan kemudian dibagikan kepada sesama.

Keikhlasan
Idul Adha dapat mengingatkan umat muslim untuk senantiasa ikhlas atas cobaan yang diberikan. Seperti kisah Nabi Ibrahim yang dengan ikhlas merelakan anaknya Ismail untuk di sembelih. Dengan rasa keikhlasan ini, ujian seberat apapun Insya Allah akan bisa dilalui dan mendapatkan hikmah yang terbaik dari Allah SWT.

Silaturahmi
Pada setiap hari raya Idul Adha, ada tradisi mengunjungi sanak saudara dan handai taulan, juga berinteraksi dengan kerabat dan para tetangga ketika pelaksanaan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban.

Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT
Berdasarkan makna dari kata Kurban atau Qurban yang berasal dari kata Quraba atau dekat, ibadah qurban pada hari raya Idul Adha memiliki makna kedekatan. Tak hanya mendekatkan diri kepada Allah SWT, Idul Adha juga menjadi sarana mendekatkan diri pada keluarga, saudara, dan kerabat atau tetangga yang lain di sekitar kita.

Demikian beberapa makna hari raya Idul Adha yang bisa kita petik. Selain banyak makna yang kita dapat, tentunya keberkahan akan diraih melalui hari yang besar ini.

UCAPAN IDUL ADHA

Seperti halnya hari raya Idul Fitri, di hari raya Idul Adha ini juga sangat baik bagi kita untuk memberikan ucapan kepada keluarga dan sanak saudara. Bagaimana ucapan yang baik di hari raya Idul Adha yang baik? Berikut kami berikan beberapa referensi;

Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah SWT. Amin

Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H, semoga ibadah qurban kita membawa keberkahan untuk sesama. Amin

Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H. Semoga semangat qurban memperkuat keimanan dan rasa kasih sayang kita. Amin

Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha untuk yang merayakannya, semoga kita semua semakin dilimpahkan rejekinya. Amin

Masih banyak ucapan Hari Raya Idul Adha yang bisa kita buat, intinya kesemuanya memberikan doa dan harapan yang terbaik bagi kita semua.

Makan di Hari Raya Idul Adha
Hari raya Idul Adha seperti halnya Idul Fitri identik dengan makan ketupat dengan kuah sayurnya yang khas, juga dilengkapi dengan daging sapi atau kambing. Daging kambing atau sapi tersebut bisa dibuat sate, sop, gulai, tongseng, ataupun menu olahan daging yang lainnya. Daging sapi atau kambing biasanya didapat dari pembagian hewan kurban yang telah disembelih.

Pimpinan,Redaktur dan Staf AKTAINDONESIA.COM mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H. Taqabbalallahu Minna Wa Mingkum.

 

Loading...
Baca Juga :  Kriminalisasi Ulama, Masihkah Berlanjut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *