4.000 Rumah Di Indragiri Hulu Terendam Banjir

4.000 Rumah Di Indragiri Hulu Terendam Banjir

4.000 Rumah Di Indragiri Hulu Terendam Banjir

AKTAINDONESIA.COM, INDRAGIRI HULU – Beberapa bulan belakang ini emang sering terjadi hujan di seluruh wilayah indonesia,salah satunya yaitu provinsi Riau akibatnya sejumlah wilayah di Provinsi Riau dilanda banjir.

Dari beberapa kabupaten dan Kota di riau yang terkena dampak banjir adalah Salah satu kabupaten INHU ( Indragiri Hulu ) karena banjir berhasil merendam ribuan rumah sejak beberapa hari terakhir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Sanger mengatakan, banjir di Kabupaten Inhu terjadi di 11 kecamatan yang di dalamnya terdapat 44 desa.

“Ada sekitar 4.384 rumah warga yang digenangi air. Saat ini belum ada warga yang mengungsi, karena sebagian besar rumah warga yang berada di bantara Sungai Indragiri berbentuk panggung,” ucap Edwar kepada wartawan, Rabu (7/11/2018).

Dia menyebutkan, banjir melanda Kecamatan Lubuk Batu Jaya,kecamatan Peranap,kecamatan Rakit Kulim,kecamatan Batang Peranap,kecamatan Kelayang,kecamatan Sei Lala,kecamatan Pasir Penyu,kota Rengat,kecamatan Kuala Cinako,kecamatan Rengat Barat dan Kecamatan Lirik.

Selain rumah warga, satu sekolah menengah pertama (SMP) turut terendam. Namun, aktivitas belajar mengajar masih berjalan normal.

“Ketinggian air mencapai 65 centimeter hingga satu meter. Banjir diakibatkan luapan air Sungai Indragiri,” sebut Edwar. Lebih lanjut, dia menyampaikan, pihaknya saat ini sudah mendirikan tenda pengungsian untuk korban banjir. “BPBD Inhu sudah menyiagakan beberapa peralatan pengungsian berupa tenda. Tapi saat ini belum ada warga yang mengungsi,” ujar Edwar.

Selain rumah, tambah dia, juga ada sekolah dan jalan tergenang banjir. Saat ini tim terus memantau kondisi luapan air Sungai Indragiri. “Kita imbau masyarakat terus waspada, karena curah hujan masih tetap tinggi. Tim kita terus stand by di lokasi apabila dibutuhkan untuk membantu warga,” tutup Edwar

Baca Juga :  Lebih 10.000 Jiwa Mengungsi Akibat Banjir Inhu

Deri Syaputra

leave a comment

Create Account



Log In Your Account