Sapi Warga Panampuang Jadi Hewan Qurban Presiden

AKTAINDONESIA.COM, AGAM – Hari raya Idul Adha 1440 H semakin dekat, hewan-hewan qurban seperti sapi dan kambing telah dipersiapkan masyarakat, salah satunya sapi yang berasal dari Nagari Panampuang, Ampek Angkek, Kabupaten Agam yang bakal direkomendasikan menjadi hewan qurban Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada lebaran haji kali ini

Sapi jenis simental itu adalah pemenang kontes ternak kategori simental jantan dewasa pada Livestock Expo 2019, di Kota Padang beberapa hari lalu. Sapi tersebut memiliki bobot 1 ton lebih.

Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Zufren via ponsel, Senin (8/7) membenarkan hal itu. Sapi pemenang Livestock Expo 2019 diumumkan akan direkomendasikan jadi hewan qurban presiden.

“Sapi itu nanti akan diperuntukan untuk masyarakat ranah minang, yang kabarnya bakal disembelih di Masjid Raya Sumatera Barat,” ujarnya.

Dikatakan, saat ini sapi milik Efendi Rasyid dari Nagari Panampuang, Kecamatan Ampek Angkek itu, baru berumur 3,5 tahun dengan memiliki bobot 1,073 kilogram.

Namun, untuk kepastiannya nanti akan diverifikasi lagi oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat. Apabila sapi milik efendi itu terpilih jadi hewan qurban pimpinan negara, Pemkab Agam siap untuk memfasilitasinya.

“Efendi siap sapinya dijadikan hewa qurban, bahkan Efendi mematok harga jual sebesar Rp75 juta,” jelas Zufren.

 

mardela

Baca Juga :  Jokowi akan Sampaikan Pidato Kemenangan di SICC
__Terbit pada
08/07/2019
__Kategori
Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PropellerAds