Sakit Kepala; Jenis, Penyebab dan Pengobatannya

Sakit Kepala; Jenis, Penyebab dan Pengobatannya

Sakit Kepala; Jenis, Penyebab dan Pengobatannya

AKTAINDONESIA.COM – SAKIT KEPALA Sakit kepala adalah rasa sakit yang muncul di sekitar kepala. Sebagian besar sakit kepala yang terjadi tidak serius dan bisa diatasi dengan mudah, seperti dengan meminum obat pereda sakit, minum air putih yang cukup, dan lebih banyak istirahat. Tapi ada beberapa jenis sakit kepala yang memerlukan penanganan lebih karena berkelanjutan atau bahkan ada yang bisa membahayakan nyawa.

Sakit kepala tidak memiliki jangka waktu tertentu, bisa berlangsung kurang dari satu jam atau bahkan selama beberapa hari, serta bisa muncul secara tiba-tiba atau perlahan-lahan.

Penyebab Sakit Kepala
Penyebab sakit kepala bisa diakibatkan oleh berbagai hal, namun secara umum sakit kepala bisa dikelompokkan berdasarkan penyebabnya, yaitu sakit kepala yang tidak terkait dengan penyakit lain atau disebut dengan sakit kepala primer dan sakit kepala yang diakibatkan oleh penyakit lain atau disebut juga sakit kepala sekunder.

Beberapa tipe sakit kepala primer yang paling sering terjadi adalah sebagai berikut:

  • Sakit kepala tegang
  • Migrain
  • Sakit kepala cluster

    Selain itu, di bawah ini adalah beberapa penyebab sakit kepala sekunder yang umum terjadi:

Sakit kepala yang disebabkan oleh kondisi infeksi seperti meningitis. Infeksi juga dapat berasal dari bagian tubuh lain selain kepala, seperti yang terjadi pada kasus sinusitis, flu, infeksi telinga, serta infeksi pada gigi.
Trauma. Misalnya akibat terbentur atau setelah mengalami kecelakaan.
Adanya perdarahan atau sumbatan pembuluh darah di dalam otak.
Kanker otak.
Pengar (hangover).
Sakit kepala rebound. Sakit kepala ini disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi obat pereda sakit
Temui dokter untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan penanganan lebih lanjut karena sakit kepala yang diderita mungkin saja merupakan gejala dari penyakit yang lebih serius.

Pengobatan Sakit Kepala
Pengobatan sakit kepala yang dilakukan harus dilihat dari gejala yang dialami dan berdasarkan penyebabnya, karena tidak semua tipe sakit kepala bisa diatasi dengan meminum obat pereda sakit kepala saja. Temui dokter untuk mendiagnosis masalah kesehatan yang menyebabkan sakit kepala.

Jika Anda mengalami gejala-gejala berikut selain sakit kepala, segera ke rumah sakit terdekat:

Kesulitan berbicara
Gangguan pada penglihatan
Salah satu sisi tubuh menjadi lemah atau lumpuh
Leher kaku
Hilang kesadaran
Demam tinggi
Sulit berjalan
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu mencegah sakit kepala, seperti istirahat yang cukup, mengelola stres dengan baik, dan rutin berolahraga.

Selain itu, Anda juga harus mencari tahu apa yang menjadi pemicu sakit kepala yang Anda alami dan berusaha untuk menghindarinya.

Ditinjau oleh: dr. Marianti

www.alodokter.com

Baca Juga :  Rindu Yang Tak Sampai.

Admin

aktaindonesia.com adalah portal media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Portal berita ini selama 24 jam dalam sepekan selalu update. Selengkapnya

leave a comment

Create Account



Log In Your Account