Ringgit Malaysia Melemah ke Level Terendah Pasca Mundurnya Mahathir

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad bersama Presiden Joko Widodo di Istana Bogor

AKTAINDONESIA.COM, KUALA LUMPUR – Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengundurkan diri dari jabatannya. Perihal ini memberikan pengaruh terhadap pergerakan mata uang ringgit di Asia. Ringgit hari ini melemah cukup dalam bahkan mencapai level terendah sejak Oktober 2017.
Melansir data Reuters, Senin (24/2/2020), hari ini ringgit Malaysia tercatat turun 0,89% ke posisi 4.226 per US$. Tren pelemahan ini juga telah terjadi sejak akhir bulan lalu.

Jika dilihat dari data historisnya, pelemahan ini sudah melewati level terendah di sepanjang tahun tepatnya pada 3 September 2019 yakni 4.223 per US$.

Nilai tukar ringgit hari ini juga sudah menembus titik terendah sejak Oktober 2017. Saat itu ringgit Malaysia sudah berada di sekitaran 4.220-an.

Seperti diketahui Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad memutuskan untuk mengundurkan diri. Keputusannya itu telah dia tuangkan dalam surat yang ditujukan kepada Raja Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah hari ini.

Baca Juga :  Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadan