Nasional

Rencana Prosesi Adat untuk Jokowi oleh LAM Riau

AKTAINDONESIA.COM, PEKANBARU – Sebelum prosesi penabalan gelar adat, Presiden Joko Widodo akan diarak dengan kompang saat tiba Balai Adat Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Sabtu (15/14/2018) pagi.

“Nanti saat tiba, Presiden nanti disambut di pintu gerbang Balai Adat LAM oleh pejabat adat dan iringi dengan kompang,” kata ketua panitia penabalan gelar adat Presiden, Raja Marjohan Yusuf, Kamis (13/12/2018).

Setelah diarak kompang sampai depan balai adat, lanjut Marjohan, Presiden akan disambut oleh silat sambut, lalu Presiden masuk ke atas dimana prosesi adat dilakukan dengan diiringi Reban dan Salawat.

“Nah, ketika Presiden sudah duduk barulah dimulai prosesi penabalan gelar dengan diawali pembukaan oleh Ketua Umum DPH LAM Riau, Datuk Seri Syahril Abu Bakar,” terangnya.

Sedangkan prosesi adat nantinya akan ada pembacaan warkah, yang sebelumnya diawali dengan pemasangan tanjak, keris dan selempang.

“Pemasakan itu sebagai simbol-simbol adat Melayu. Setelah itu Presiden menyampaikan sambutan, terakhir pembacaan warkah petuah amanah oleh Ketua MKA LAM Riau, Datuk Seri Al Azhar,” terangnya.

Prosesi tersebut, tambah Marjohan, akan berlangsung cukup singkat, padat dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

“Jadi tahapan-tahapanya seperti itu. Singkat dan padat. Acara kita mulai pagi jam 08.30 WIB, mungkin jam 10.30 WIB sudah selesai,” tukasnya.

Baca Juga :  Menteri PUPR Dorong Kontraktor Ekspor Jasa Konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *