PT Pertamina, Perusahaan Plat Merah dengan 7 Anak Cucunya

AKTAINDONESIA.COM, JAKARTA – Perusahaan plat merah dengan aset besar PT Pertamina (Persero) saat ini tengah menjadi sorotan publik. Terdapat 142 anak usaha (perusahaan) yang bernaung dibawah perusahaan besar Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) tersebut. Menteri BUMN Erick Thohir bahkan meminta kepada para komisaris untuk memetakan bisnis anak cucu Pertamina guna mengetahui ‘kondisi kesehatan’ setiap anak perusahaan. Walaupun memiliki sejumlah anak usaha yang bergerak di sektor migas, Pertamina juga memiliki beberapa anak usaha yang bergerak di beberapa bidang di luar migas. Lantas apa saja anak usaha Pertamina? Berikut ini diantaranya:

1. PT Pertamina Retail

Anak usaha dari Pertamina ini diketahui bergerak di bidang usaha retail produk Pertamina. Perusahaan ini didirikan tanggal 17 Juni 1997 dan awalnya memiliki nama PT Pertajaya Lubrindo yang bergerak pada bidang usaha pelumas. Perubahan tersebut ditujukan untuk menghadapi perubahan pasar retail khususnya SPBU Indonesia menuju pasar bebas dunia. Tujuan jangka panjang perusahaan ini adalah menjadi perusahaan ritel global yang berkelas dan memberikan nilai bisnis bahan bakar-non bahan bakar melalui produk dan jasa yang terintegrasi. Melansir dari Kompas.com (13/12/2019), PT Pertamina Retail mengembangkan Bright Store & Cafe di seluruh SPBU COCO, SPBU DODO serta lokasi di luar area SPBU dengan konsep swakelola. Melalui pengelolaan perusahaan ini Pertamina juga membuka usaha pencucian mobil dengan nama Bright Wash dan Bright Oil Mart yang melayani pnggantian Oli di sejumlah SPBU.

2. PT Pertamina Training & Consulting

Anak perusahaan Pertamina ini diketahui memfokuskan diri pada pengembangan sumber daya manusia melalui jasa pelatihan, konsultasi dan manajemen human capital sebagai solusi. Melansir dari website resminya, 91 persen sahamnya dimiliki oleh PT Pertamina (Persero) dan sisanya milik PT Pertamina Pedeve Indonesia.

Baca Juga :  10 Hoax Paling Berdampak di 2018

3. PT Pertamina Bina Medika

Anak usaha Pertamina ini bergerak dalam bidang jasa pelayanan kesehatan dan rumah sakit yang berada di wilayah Jakarta dan sekitarnya seperti Cirebon, Balikpapan, Tanjung dan Prabumilih. Anak perusahaan ini berawal dari Rumah Sakit Pertamina yang kemudian menjadi anak perusahaan Pertamina dalam bentuk PT bernama PT RSPP. Pada tahun 2002 PT RSPP kemudian menjadi PT Pertamina Bina Medika.

4. PT Patra Jasa

PT Patra Jasa merupakan anak usaha Pertamina di mana perusahaan ini melayani masyarakat sejak tahun 1975 dan beroperasi pertama kali di Industri perhotelan. Mulai tahun 2014 Patra Jasa kemudian melebarkan sayapnya dan mulai bergerak pada industri pengembangan properti dan kawasan. Mengutip dari Kompas.com (13/12/2019), Patra Jasa telah puluhan tahun mengelola hunian elite di antaranya adalah Patraland Amarta yang berada di Sleman Yogyakarta. Selain itu terdapat Patraland Urbano di Kota Bekasi, Patraland Soho di Cirebon, serta Perumahan Puri Jayasri di Serpong. Selain itu beberapa hotel bintang kelas 4 dan 5 di bawah perusahaan ini adalah The Patra Bali Resort & Villas, Patra Semarang Hotel and Convention, Patra Comfort Bandung Hotel, Patra Comfort Jakarta Hotel, Patra Comfort Anyer Beach Resort, dan Patra Comfort Parapat Lake Resort.

5. PT Tugu Pratama

Indonesia Tugu Pratama Indonesia merupakan anak perusahaan Pertamina yang bergerak dalam bidang asuransi umum. Perusahaan ini berdiri sejak 25 November 1981 dan tersebar di beberapa wilayah Indonesia serta Hongkong. Perusahaan ini juga terdaftar dalam otoritas jasa keuangan. Perusahaan ini memberikan asuransi untuk mitra pertamina maupun korporasi lain.

6. PT Pelita Air Service

Anak perusahaan Pertamina ini diketahui bergerak dalam sektor maskapai penerbangan. Bisnisnya melingkupi transportasi udara dan penerbangan terjadwal dan carter. Perusahaan ini juga memiliki bandara sendiri yakni Bandara Pondok Cabe di Tangerang Selatan yang didirikan tahun 1970 di era Dirut Pertamina Ibnu Sutowo.

Baca Juga :  Jamaah Haji Kloter I Debarkasi Solo Mendarat di Tanah Air

7. PT Patra Driling Contractor

PT PDC berdiri pada 11 September 1981 yang berfokus pada penyedia layanan pengeboran lepas pantai Indonesia dengan prioritas utama penggunaan peralatan domestik dan mempromosikan transfer teknologi pengeboran lepas pantai kepada personel nasional. PT PDC kemudian menggeser lini bisnisnya menjadi penyedia layanan Accomodation Work Barge dan catering. Perusahaan ini sebagian besar dimiliki oleh PT Pertamina Driling Service Indonesia yang merupakan anak Pertamina sejak tahun 2013.

__Terbit pada
16/12/2019
__Kategori
Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PropellerAds