Internasional

Pria Ini Meninggal karena Makan Siput

AKTAINDONESIA.COM – TIDAK pernah terlintas di pikiran orang tua Sam Ballard bila anak yang dikasihinya harus meregang nyawa lantaran memakan siput. Kejadian ini bermula di suatu hari tahun 2010. Pada saat itu, Sam yang masih berusia 19 tahun bersama teman-temannya mengadakan pesta kecil-kecilan layaknya anak muda.

Di pesta itu, Sam meminum anggur merah dan mengonsumsi siput. Beberapa hari setelahnya, pemuda itu mengeluhkan sakit serius di kakinya. Dia khawatir kondisi itu terjadi akibat makan siput. Tetapi ibunya bersikeras bahwa hal itu tidak menjadi masalah dan tidak perlu dipikirkan.

Seiring berjalannya waktu, kondisi Sam semakin parah dan dia khawatir mungkin telah mengembangkan Multiple sclerosis seperti ayahnya. Untuk mendapat kepastian, dirinya kemudian pergi memeriksakan diri. Setelah diobservasi, dokter menetapkan pemuda itu terinfeksi eosinophilic meningo-encephalitis. Penyakit ini disebut juga paru tikus dan berasal dari cacing yang mengandung virus berbahaya.

Cacing itu biasanya ditemukan pada hewan pengerat. Akan tetapi, siput juga bisa terinfeksi virus jika memakan kotoran tikus. Kebanyakan orang akan pulih bila terinfeksi virus tersebut, tapi tidak pada Sam. Dirinya bahkan mengalami koma selama 420 hari dan saat terbangun mengalami cedera otak.

Selama 8 tahun, Sam harus hidup dengan kondisi tidak seperti orang normal. Pada awalnya dia tidak bisa menggerakkan anggota tubuh. Lalu ia kehilangan kemampuan untuk makan sendiri dan pergi ke toilet. Beruntung keluarga dan teman-temannya tetap mendampingi dia serta memberikan dukungan.

Menurut ibundanya, Katie Ballard, Sam tetaplah anaknya yang nakal dan penuh tawa. Sayang, pada Jumat minggu lalu putra kesayangannya itu harus menghembuskan napas terakhir. Dikelilingi oleh ibu serta teman-teman yang setia dan penuh kasih, kata-kata terakhir pemuda itu adalah ‘Ibu, aku mencintaimu’. Demikian seperti yang dilansir Okezone dari News, Senin (5/11/2018).

Baca Juga :  Wabah Ebola Makin Meluas di Kongo

Sumber: Okezone.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *