Presiden Srilanka Melarikan Diri Ke Maladewa

AKTAINDONESIA.COM, COLOMBO – Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa telah melarikan diri ke Maladewa pada Rabu (13/7/2022), beberapa jam sebelum dia seharusnya mengundurkan diri, menurut keterangan beberapa sumber. Gotabaya berjanji akan mundur di tengah protes yang meluas atas penanganannya terhadap krisis ekonomi yang menghancurkan.

Rajapaksa, istri dan dua pengawalnya pergi dengan pesawat Angkatan Udara Sri Lanka, kata seorang pejabat imigrasi kepada Reuters.

Sebuah sumber pemerintah dan seseorang yang dekat dengan Rajapaksa mengatakan dia berada di Male, ibu kota Maladewa. Presiden kemungkinan besar akan melanjutkan perjalanan ke negara Asia lain dari sana, kata sumber pemerintah itu.

Pejabat imigrasi mengatakan pihak berwenang di bawah hukum tidak dapat mencegah presiden yang masih menjabat meninggalkan negara itu.

Rajapaksa akan mengundurkan diri sebagai presiden pada Rabu untuk memberi jalan bagi pemerintah persatuan, setelah ribuan pengunjuk rasa menyerbu kediaman resminya dan perdana menteri pada Sabtu (9/7/2022) menuntut penggulingan mereka.

Presiden belum terlihat di depan umum sejak Jumat (8/7/2022).

Menurut seorang sumber yang dekat dengan Gotabaya, sang presiden akan mengirimkan surat pengunduran diri pada Rabu malam.

Baca Juga :  Kongres KNPI di Jakarta Akhiri Perpecahan