Internasional

Pilot Ini Pernah Selamatkan 155 Penumpang Mendarat di Atas Air

AKTAINDONESIA.COMPILOT adalah orang yang tidak hanya mengantar penumpang ke tujuan, namun juga memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga keselamatan penumpangnya.

Loading...

Dari sejumlah kecelakaan pesawat, ternyata tidak semuanya berujung tragis. Pernah ada kecelakaan yang penumpangnya, selamat dari maut. Pilotnya cekatan mengambil tindakan penyelamatan.

Ialah kapten Chesley ‘Sully’ Sullenberger. Ia lahir pada 23 Januari 1951 di Denison Texas. Sully merupakan pilot lulusan USAFA, United States Air Force Academy di tahun 1973.

 

Ia berpengalaman menerbangkan pesawat f-4D Phantom II saat bermarkas di Nellis AFB (Air Force Base), sebelum ia dinyatakan tergabung ke US Airways menerbangkan pesawat Airbus A320.

Kapten Sully dikenal cakap dan punya jam terbang yang tinggi. Namun, hal tersebut tidaklah menjamin seorang pilot dapat terhindar dari kecelakaan.

Walau punya skill yang mumpuni, tapi kesialan bisa saja datang. Kita tidak pernah tahu persis membaca cuaca dengan benar.

Sampai pada 15 Januari 2009, Sully dan rekannya Jeff Skiles menerbangkan Airways yang dikenal sebagai pesawat 1549. Pesawat tersebut membawa 155 penumpang.

Di tengah penerbangan, sekelompok burung menabrak pesawat yang diterbangkan Sully. Walhasil, kedua mesin utama pesawat, mengalami kerusakan.

Seketika para awak pesawat dan penumpang panik. Sampai akhirnya kapten Sully mengambil tindakan penyelamatan. Ia mendaratkan pesawatnya secara darurat di sungai Hudson, New York.

Dikutip dari pojoksatu.id, aksi heroik Sully itu pun mendapatkan pujian dari para penumpang. Wali Kota New York bahkan menjulukinya sebagai ‘pahlawan musibah Hudson’.

Karena aksi penyelamatannya itu, Sully lalu diangkat sebagai pahlawan nasional. Namun, tak berselang lama. Ia kemudian berurusan dengan investigasi National Transportation Safety Board (NTSB) yang telah menilainya salah dalam mengambil keputusan. Sully lalu dituntut secara hukum.

 

Loading...
Baca Juga :  Hasil Penyelidikan Sementara Jatuhnya Lion Air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *