Pertegas Capaian Visi Dakwah Dalam Menyelamatkan NKRI

AKTAINDONESIA.COM, BUKITTINGGI – Wakil ketua umum Dewan Dakwah Islam Indonesia (Dewan Dakwah Pusat) Drs. Amlir Syaifa, MA menyampai penting mempertegas capaian visi dakwah dalam memperkuat ummat Islam di Indonesia. Visi dewan dakwah “Terwujudnya tatanan kehidupan masyarakat Indonesia yang Islami dalam NKRI yang kuat dan sejahtera”. Demikian disampaikan dalam sambutan secara videoconfence dalam pelantikan Pengurus Dewan Dakwah Kota Bukittinggi periode 2020 – 2023 di gedung STIKES Yarsi, Belakang Balok Bukittinggi, Sabtu(18 Juli 2020)
Dalam rangka mencapai visi dewan dakwah tersebut segenap organ dewan dakwah harus bekerja keras untuk Melaksanakan Khittah Da’wah, Angaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Dewan Da’wah guna terwujudnya tatanan kehidupan yang islami, dengan meningkatkan mutu da’wah di Indonesia yang berasaskan Islam, Taqwa dan keridhaan Allah Ta’alaa. Menanamkan aqidah dan menyebarkan pemikiran Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah; Menyiapkan du’at untuk berbagai tingkatan sosial kemasyarakatan dan menyediakan sarana untuk meningkatkan kualitas dakwah; Menyadarkan umat akan kewajiban da’wah dan membina kemandirian mereka; Membendung pemurtadan, ghazwul fikri dan harakah hadamah. Mengembangkan jaringan kerjasama serta koordinasi ke arah realisasi amal jama’i. Memberdayakan hubungan dengan berbagai pihak; pemerintah dan lembaga lainnya bagi kemaslahatan ummat dan bangsa. Membangun solidaritas Islam Internasional dalam rangka turut serta mendukung terciptanya perdamaian dunia. Itulah pedoman kerja yang akan dilakukan kerja para pengurus yang telah di lantik. Kata Ustad Amlir.
Sedangkan Ketua Dewan Dakwah Provinsi Sumatera Barat DR. Badrul Mustafa Kemal menyampaikan dalam memperkuat ummat di samping penguatan akidah dan akhlak, juga harus ditumbuhkan bagaimana mendukung usaha-usaha ummat. Seperti dengan fenomena munculnya usaha-usaha dari 212. Di kota-kota besar.
Dalam penguatan organisasi perlu dibentuk Muslimat Dewan Dakwah, Pemuda Dewan Dakwah, dan Dewan Dakwah Kecamatan. Kata Ahli Gempa.
DR Saiful Amin, MA sebagai ketua baru, dewan dakwah bukan asing baginya. Ia menulis Disertasinya tentang Dewan Dakwah. Puluhan kali bertemu dengan tokoh-tokoh dewan dakwah di Pusat. Lebih jauh lagi sewaktu mahasiswa ia sering ke Dewan Dakwah bertemu dengan Buya Datuk Tan Kabasaran (alm.) Buya Munir Zakaria (alm.) dan tokoh-tokoh lainnya.
Kondisi Dewan dakwah dengan perkembangan teknologi informasi, bahwa dakwah harus menyentuh inti persoalan ummat. Pengurus dewan dakwah sangat mengharapan nasihat dari dewan pakar dan majelis syura.
Susunan kepengurusan yang terbentuk adalah sebagai berikut :
Majelis Syura dengan ketua H. Usmar Marlen; dan anggota Direktur RSI Ibnu Sina (ex officio), Drs. H. Nawazir Mukhtar, Lc, H. Rusdi Kinan, Lc, Drs. Syafei Maizan, Drs. H. Deswandi, Zulkifli Tindra, Masdiwar, S.PdI, Arham S.HI, Msi, Fauzan Azim, S.PdI, MpdI, Drs. Hafizol.
Dewan Pakar: Ketua Dr. H. Harmazaldi, SPb; dengan anggota DR. H. Zainuddin Tanjung, MA, DR. H. Ismail Novel, M.A, DR. Zulkifli Ja’far, MA, H. Indra Syam, Hr.Dpl. H. Jusril Djamarin, Hr.Dpl, MA, Drs. H. Metriadi Syamwiz, M.A H. Bustamar, S.Ag, M.Hum, Ramdalel Bagindo Ibrahim
Pengurus dengan ketua DR. Saiful Amin, M.A dan wakil ketua Drs. H. Zuljasmi, Sulfa Malin, S.Sos dan Amril Anwar.

Baca Juga :  Daftar Pejabat DKI yang Dirombak Anies

Sekretaris Akmal Thulas dengan wakil sekretaris Dasri, SHI, Embut Rafles, S.Hi dan Rudy Putra, S.PdI
Bendahara dipegang oleh H. Syofyan Arief, BA dan wakil bendahara Sawir Khan, S.Sos Sedangkan Ketua Bidang Kaderisasi, Pendidikan dan Penguatan Kelembagaan H. Fahmil Syamiran, Lc, MA, Ketua Bidang Islamisasi Kebijakan Kota dan Pengolahan Database Iyep Saepudin, S.PdI, Ketua Bidang Syiar Da’wah dan Hubungan antar Lembaga Edi Gusrianto, S.PdI, Ketua Bidang Konsultasi Agama, Keluarga dan Remaja Khairunnas, S.Ag, Ketua Bidang Gazwul Fikri dan Kajian Keislaman Utama Wardi, S.HI, Ketua Bidang Aset, Pengembangan Usaha dan Dokumentasi Rivaldi, A.Md dan Ketua Bidang Advokasi dan Pendampingan Ummat Riki Zulfiko, SH, M.Hum . (Akmal Thulas)

__Posted on
18/07/2020
__Categories
Nasional

Author: Akta Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PropellerAds