Penampakan Bunga Bangkai di Pangkalan – Sumatera Barat

AKTAINDONESIA.COM, LIMAPULUHKOTA – Raflesia Arnoldi atau lebih familiar disebut bunga bangkai adalah tumbuhan langka yang tumbuh dizaman purbakala. Namun bunga indah menjulang sekitar 3 meter ini ditemukan oleh Tim Pejuang Siliwangi Propinsi Riau dalam perjalanan menuju Pekanbaru Propinsi Riau.

Bunga ini tumbuh tepat di ladang milik warga di Kenagarian Mangilang, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat.

Bunga bangkai yang ditemukan di Mangilang, Pangkalan

Salah seorang tim ekspedisi dari Pejuang Siliwangi (PS) Propinsi Riau, H. Adharsyad menjelaskan kisah terlihatnya tumbuhan ajaib ini.

“Kami baru selesai melaksanakan beberapa kegiatan di Sumbar, nah pagi ini dalam perjalanan menuju Pekanbaru kami melihat ada penampakan bunga ini, kami liat lebih dekat, ternyata ini bunga bangkai, yang langka”, Ujar Haji Ad.

Bapak Ende (baju hitam) bersama Pengurus PS Riau, H. adharsyad

Tim PS juga mengajak warga untuk membersihkan jalan menuju pohon bunga yang belum mekar sempurna tersebut

Bagi masyarakat yang ingin berkunjung dan berswafoto dapat datang langsung ke lokasi terlihat jelas di pinggir jalan lintas Sumbar-Riau di Kenagarian Mangilang tepatnya 100 Meter menjelang Rangkiang arah Bukittinggi, persis disisi kiri kedai Bapak Ende.

Penemuan 1 bunga bangkai lainnya tidak jauh dari penemuan pertama

Tidak tanggung-tanggung bunga yang menjadi icon Kota Bengkulu tersebut juga ditemukan disisi kanan kedai pak Ende, dengan jarak 50 meter dari bunga pertama ditemukan.

Hingga berita ini diturunkan, Tim Pejuang Siliwangi (PS) dan jurnalis aktaindonesia.com dibantu oleh masyarakat tempatan terus melakukan penyisiran disekitar lokasi, melihat kemungkinan bunga yang sama tumbuh di daerah ini.

Baca Juga :  Seruput Eksotis Kopi 'Khincay' di Pekanbaru
__Posted on
31/08/2020
__Categories
Serba-serbi

Author: Akta Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PropellerAds