Pemukiman Sekitar Pesantren Bahrul Ulum Pasaman Dihantam Banjir Bandang

AKTAINDONESIA.COM, PASAMAN – Intensitas hujan yang begitu tinggi semenjak sore hingga malam yang mengguyur beberapa daerah di Sumatera Barat, salah satu yang terdampak adalah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat. Hujan deras mengakibatkan bencana banjir bandang yang menghantam kawasan Pesantren Bahrul Ulum Petok, Nagari Panti Selatan, Kecamatan Panti, sekitar pukul 22.00 WIB tadi, Kamis (19/12/2019).

Salah seorang warga setempat, Abdi Lubis ketika dikonfirmasi oleh Covesia.com, mengatakan banjir bandang itu juga merendam sejumlah rumah warga sekitar.

“Galodo ini tadi datang dengan sangat tiba-tiba sekitar pukul 22.00 WIB. Galodo itu membawa material lumpur dan sejumlah potongan kayu besar ke pemukiman pesantren maupun rumah warga,” terang Abdi Lubis.

Banjir bandang itu kata dia juga sempat meluap ke badan jalan lintas Sumatera Medan-Padang daerah Petok, Kecamatan Panti

“Air disertai lumpur yang menimpa badan jalan hingga 40 Centimeter mengakibatkan akses transportasi di Jalan lintas ini tadi sempat terputus total. Namun saat ini debit air berangsur surut dan mulai bisa dilewati kendaraan,” katanya.

Seluruh santri yang mondok di pesantren Bahrul Ulum itu kata dia terpaksa diungsikan kerumah warga sekitar yang tidak terkena dampak

“Karena galodo itu menghantam pondok-pondok santri hingga dipenuhi material lumpur. Beruntung saat kejadian para santri langsung berhamburan keluar dan menghindari galodo yang datang tersebut. Sehingga tidak ada korban jiwa dalam musibah ini,” katanya.

Saat ini kata dia belum bisa dipastikan jumlah rumah warga yang menjadi korban dalam musibah itu.

“Belum didata jumlahnya. Baik kerusakan, maupun besaran kerugian materilnya. Sebab semua warga masih waspada jika sewaktu-waktu Galodo susulan datang,”tutupnya.

Baca Juga :  LINGGAI, Destinasi Baru di Danau Maninjau
__Posted on
20/12/2019
__Categories
Nasional

Author: Akta Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PropellerAds