Pelatihan Keuangan UMKM Di Tenayan Raya

AKTAINDONESIA.COM, PEKANBARU – Indonesia adalah negara yang memiliki potensi besar untuk pengembangan usaha mikro kecil menengah(UMKM), di dalam UMKM tidak hanya mencakup tentang pengembangan/pengelolaan usaha atau produksi, tetapi sangat penting juga tentang sistem pengelolaan keuangan.

Rata rata pelaku UMKM masih belum paham akan pengelolaan keuangan, dan masih dikelola secara tradisional.
Berangkat dari hal di atas,tim dosen fakultas ekonomi(Fekon) Universitas Lancang Kuning yang diketuai oleh Dr.Jeni Wardi, dan anggota Liviawati SE.MSi,AK, Gusmarila Eka Putri SE.MAk membantu 15 pelaku UMKM yang ada di kecamatan Tenayan Raya dengan tema kegiatan PKM(pengabdian kepada masyarakat) Keuangan untuk pelaku UMKM di Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru, beberapa waktu lalu.

Menurut Dr.Jeni Wardi yang dihubungi,Kamis(23/01/2020) kegiatan ini merupakan bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi,kegiatan ini telah rutin dilakukan oleh tim dosen Fekon di masyarakat.

Menurut Jeni, selama ini permasalahan yang dihadapi pelaku usaha disana adalah modal usaha yang terpakai untuk keperluan pribadi sehingga kemudian mereka kesulitan sendiri ketika akan melakukan proses produksi lagi. Hal ini tidak akan terjadi kalau mereka membuat pencatatan keuangan usaha seperti catatan arus kas masuk dan kas keluar, memisahkan keuangan usaha dengan pribadi, dan membuat anggaran biaya usaha. Dari pelatihan, maka nantinya para pelaku UMKM dapat menerapkan sistem pengelolaan keuangan, sehingga mereka bisa fokus mengembangkan UMKM dan usaha menjadi maju.

Pelatihan ini diikuti oleh lebih dari 15 UMKM, dan mendapatkan respon yang baik, menurut salah satu peserta,( Ratna) memang benar permasalahan yang dihadapi adalah pengelolaan sistem keuangan, dari pelatihan kami merasa sangat senang dan terbantu,dan berharap terus dilakukan kegiatan pendampingan”Ujar Jeni yang menyampaikan tanggapan peserta.

Baca Juga :  Rohana Kudus di Tetapkan Pahlawan Nasional, PMM Minta Pemerintah Luruskan Sejarah
__Terbit pada
23/01/2020
__Kategori
Info Daerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PropellerAds