News  

Pelantikan IKMR Dihadiri Dua Gubernur

Pekanbaru — Kepengurusan Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Provinsi Riau akan dilantik pada Sabtu (16/7). Pelantikan tersebut akan dihadiri oleh dua orang gubernur, yakni Gubernur Riau Syamsuar dan Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah.

Pelantikan tersebut akan dilaksanakan di Ballroom Grand Central Hotel Pekanbaru.

Pelantikan ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan Musyawarah Besar (Mubes) V IKMR Riau, 13 November 2021 lalu. Dimana saat itu, H Basrizal Koto kembali dipercaya menahkodai organisasi warga Riau asal Minang tersebut untuk 5 tahun ke depan.

“Yang luar biasa, pelantikan yang dipersiapkan panitia ini adalah pelantikan kelima. Berarti saya sudah 20 tahun lebih memimpin IKMR, sekarang sudah menjurus ke periode kelima, 25 tahun,” ujar pria yang akrab disapa Basko itu, Jum’at (15/7).

“Sangat luar biasa, dan tidak terduga,” sambung pengusaha Riau asal Minang tersebut.

Dikatakan Basko, beberapa persiapan telah dilakukan panitia agar acara tersebut berjalan dengan lancar. Sejumlah tamu undangan juga dipastikan hadir dalam kegiatan tersebut, termasuk Gubernur Riau Syamsuar dan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah.

“Yang akan hadir, Gubernur Riau, Gubernur Sumbar dan nomor kepala daerah di Riau. Lalu, dari LKAAM (Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau,red), LAM (Lembaga Adat Melayu, red) Riau (LKAAM), FKMPR (Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat) Riau,red), dan undangan lainnya,” sebut Basko.

Ada hal menarik saat acara pelantikan besok. Yaitu, peluncuran buku yang berjudul ‘IKMR Mengangkat Harkat & Martabat Suku Minang di Riau’. Buku tersebut ditulis Iqbal Ali, Luzi Diamanda dan Doni Rahim. Saat itu juga akan dilakukan bedah buku tersebut.

“Insya Allah kita juga akan menerbitkan buku, dan kita bedah bukunya. Buku ini sangat luar biasa, bagaimana sejarah IKMR. Bagaimana sejarah IKMR, bagaimana sejarah lahir dan kiprahnya,” kata H Basrizal Koto.

Baca Juga :  Diduga BBM Bersubsidi dari Sopir Tangki Pertamina Ditampung Oknum Aparat

Basko menyadari buku tersebut masih jauh dari kesempurnaan. Sangat diperlukan kritik dan masukan, terutama saat bedah buku nanti.

“Saat bedah buku, akan menyempurnakan buku kita ini. Akan disempurnakan terus,” tegas Basko.

di sana, pelantikan Pengurus IKMR Provinsi Riau akan dilakukan oleh Dewan Pembina Provinsi Riau, yakni Arsyadjuliandi Rachman.

Di hari yang sama, juga dilakukan pelantikan Pengurus Ikatan Wanita Minang Riau (IWMR) Provinsi Riau, yang diketuai oleh Ketua Terpilih IWMR Kota Pekanbaru, Sri Nofrita dan Sekretaris Hj. Desi Susanti, S.Sos.