Pasca Tragedi Wamena, Forum Awak Minang Salat Gaib Depan Istana

AKTAINDONESIA.COM, JAKARTA – Seminggu telah berlalu aksi sadis yang terjadi dalam kerusuhan di Wamena – Papua, duka mendalam bagi keluarga korban kerusuhan tersebut.

Salah satu kelompok/suku yang akhir-akhir ini santer dibicarakan sebagai korban kebringasan pembantaian yang terjadi di Wamena adalah orang MInangkabau atau orang Padang (Sumatera Barat).

Menyikapi hal tersebut, Forum Awak Minang (FAM) melakukan salat gaib di Taman Pandang Istana, Jakarta. Mereka mendoakan warga Sumatera Barat (Sumbar) yang menjadi korban kerusuhan di Wamena, Papua.

Forum Awak Minang (FAM) melakukan salat gaib di Taman Pandang Istana, Jakarta, Rabu (2/10/2019). (Sachril Agustin Berutu/detikcom)

Ada sekitar 20 orang yang salat gaib sekitar pukul 12.58 WIB, Rabu (2/10/2019). Setelahnya, mereka duduk bersama, berdiskusi mengenai kondisi warga Sumbar di Wamena.

“Gerakan ini adalah gerakan kita bersama. Insyaallah gerakan ini bukan hanya sampai di sini saja,” kata Koordinator Aksi FAM, Firdaus Nuzula, di Taman Pandang Istana.

Firdaus menyesalkan adanya warga Sumbar yang menjadi korban di Wamena. Padahal warga Sumbar, menurutnya, hidup baik di Wamena sebelum kerusuhan terjadi pada 23 September.

“Kami meminta agar pemerintah Indonesia mewujudkan kedamaian, ketenangan, dan perlakuan adil terhadap para pelanggar hukum dan penghilang nyawa masyarakat yang tidak bersalah,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, 10 warga Sumbar meninggal dalam kerusuhan di Wamena. Delapan jenazah dipulangkan ke kampung halaman, dua jenazah dimakamkan di Papua.

Baca Juga :  9 Warga Asal Sumbar Jadi Korban Tewas Kerusuhan Wamena
__Posted on
02/10/2019
__Categories
Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PropellerAds