Pagi ini Dolar AS Tembus Rp.14.900

Pagi ini Dolar AS Tembus Rp.14.900

Pagi ini Dolar AS Tembus Rp.14.900

 

AKTAINDONESIA.COM, Jakarta – Dolar Amerika Serikat (AS) masih terus menunjukkan kekuatannya. bahkan tepat pukul 10.00 pagi ini dollar tembus Rp.14.900, Selasa (25/9/2018)

Dolar AS bergerak dari level Rp 14.875 hingga 14.894 dan terus menaik. Rupiah pekan ini tercatat jauh lebih lemah dibanding pekan lalu yang sempat mengalami penguatan hingga ke posisi Rp 14.810-an.

Depresiasi rupiah kemarin bahkan mencapai 0.33%. Rupiah masuk ke dalam tiga negara Asia yang mengalami pelemahan cukup besar setelah Rupe (India) dan Peso (Filipina).

Adanya antisipasi atas potensi kenaikan suku bunga The Fed yang diperkirakan terjadi pekan ini turut memjadi salah satu sentimen. Di IHSG, pelaku pasar asing membukukan aksi beli bersih (Netbuy) sebesar Rp 587 miliar.

Menguatnya dolar AS sejak beberapa bulan terakhir telah mulai memberikan efek yang nyata di masyarakat. Harga tepung terigu tercatat sudah mengalami kenaikan hingga 10%.

“Permintaan masyarakat terhadap terigu di semester I ada kenaikan. Itu akibat konsumsi mie instan, roti, martabak, kerupuk, bakso, sosis, itu semua kan ada tepung terigunya. Semester II saya nggak tahu karena harga terigu naik minimal 10% akibat pelemahan rupiah sudah mencapai 10%,” kata Ketua Umum Asosiasi Produsen Tepung Terigu Indonesia (Aptindo) Franciscus Welirang.

Adapun kenaikan harga tepung terigu terpengaruh terhadap harga gandum di pasar dunia, mengingat Indonesia masih mengimpor gandum. Apalagi, saat ini pasokan gandum menipis dan mendorong kenaikan harga hingga 20%.

Baca Juga :  BNI Tutup Sementara Transfer Antar Bank ATM Prima

nury

leave a comment

Create Account



Log In Your Account