Objek Wisata Kampung Sarugo, Payakumbuh

AKTAINDONESIA.COM, PAYAKUMBUH – Jorong Sungai Dadok, Kenagarian Koto Tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh, Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat…

Selain cukup seru dan sejuk berkunjung ke kampung wisata SARUGO ini dengan deretan Rumah Gonjong dikelilingi oleh deretan perbukitan. Penduduk Sarugo sangat menjunjung tinggi nilai budaya adat Minangkabau selalu dikedepankan…

Kampung Wisata Sarugo terkurung oleh perbukitan, ada 800 jiwa penduduk yang tinggal disini. Mereka menggantungkan diri di sektor pertanian, terutama hasil jeruk siam Gunuang Omeh atau disebut juga dengan “limau mudiak” yang melimpah seluas 200 hektare.

Kampung SARUGO yang sedang jadi buah bibir sebagai salah satu desa terindah yang belum lama ini di kunjungi menpar Sandiuno. Letaknya kurang lebih 167km dari kota Padang. Akan memberikan pengalaman dan sensasi tersendiri bila kita datang dan bermalam disana, berbaur dengan penduduk asli, metik jeruk, memberi makan ikan larangan dan kita bisa napak tilas di rumah Tan Malaka, tidak itu saja di sana juga ada monumen pemerintahan sementara RI ( monumen PDRI ) yang ketika itu presiden RI di jabat oleh Syafruddin Prawiranegara.

KATASUMBAR – Kampung Saribu Gonjong (Sarugo) yang terletak di Jorong Sungai Dodok, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota, sukses besar di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020.

Pemenang nominasi diumumkan dalam malam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 pada Kamis 20 Mei 2021, di Labuan Bajo NTT.

Kampung tradisional yang merupakan binaan dari Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat itu, berhasil meraih juara II dalam ajang bergengsi tersebut.

Pantauan di laman instagram @apiaward, Kampung Sarugo menjadi nomor dua dalam kategori kampung adat terpopuler.

Sementara, juara 1 adalah Kampung Adat Namata Kabupaten Sabu Raijua, dan Juara 3 Pelang Kenidai Kota Pagar Alam.

Baca Juga :  Mengharap Keberkahan dan Menghindari Riba, BUMDes KMJ Bangun Kemitraan Dengan BSI

Sebelumnya, Sumbar mengirim 6 nominasi, yakni Bukittinggi dengan 2 kategori Minuman Tradisional Ampiang Dadiah, dan Janjang 1000 kategori destinasi unik.

Berikutnya Kabupaten Tanah Datar kategori brand wisata, destinasi belanja Desa Silungkang Sawahlunto, kategori olahraga Silokek Sijunjung, dan Sarugo sebagai Kampung adat populer.

Namun, semuanya gugur dan hanya menyisakan Sarugo sebagai satu-satunya perwakilan Sumbar.

“Alhamdulillah, Sarugo mendapat juara ke 2 dalam kategori Kampung Adat Populer,” sebut Bupati Limapuluh Kota Safaruddin.