Internasional

Nama Kota Terpanjang Di Dunia Ada di Asia Tenggara, 168 Huruf!

AKTAINDONESIA.COM BANGKOK – Ibu Kota Negara Thailand mungkin kita semua mengenal dengan nama atau sebitan Bangkok, salah satu kota di Asia Tenggara ini justru punya nama lain dengan jumlah huruf mencapai 100-an huruf, jumlah huruf tersebut terpanjang di dunia. ang namanya terpanjang di dunia.

PropellerAds
Loading...

Kenapa Bangkok jadi kota dengan nama terpanjang? Bukankah “Bangkok” cuma memiliki delapan huruf? Memang. Tapi menurut sejarahnya, ibu kota Thailand tersebut memiliki nama lain yang diberikan saat “lahir”.

Bangkok tercatat memiliki nama yang jumlah hurufnya mencapai 168 karakter dalam penerjemahan ke alfabet romawi yang kita kenal. Guinness World Records menyebutnya sebagai nama kota terpanjang dunia. Begini namanya:

Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit

“Kota para malaikat, kota megah, kota intan abadi, kota (Ayutthaya) Dewa Indra yang tidak tergoyahkan, ibu kota agung dunia yang bertakhtakan sembilan batu delima berharga, kota kebahagiaan, sebagaimana Istana Kerajaan megah menyerupai kahyangan tempat reinkarnasi dewa-dewa berkuasa, sebuah kota karunia Indra dan dibangun oleh Wisnu,” demikian kira-kira makna nama tersebut.

Menilik sejarahnya, nama itu tercetus setelah Raja Rama I memilih Bangkok sebagai ibu kota baru Kerajaan Thai modern pada 21 April 1782. Menurut Bangkok.com, di lidah setempat kota itu sendiri kini lebih sering disebut Krung Thep atau Krung Thep Mahanakon — kota para malaikat.


nama yang amat panjang itu sebagai salah satu daya tarik kota tersebut. Ditambahkannya pula, Bangkok memiliki restoran terbesar di dunia yang berisikan 5 ribu kursi buat tamu, 1.200 staf, dan luas 16 ribu meter persegi dalam sosok Royal Dragon Restaurant, sebuah restoran China di Bangna yang merupakan salah satu distrik di Bangkok.

Turis yang melancong ke Bangkok juga wajib datang ke Wat Pho, salah satu vihara besar di Bangkok. Di sini ada patung Buddha berbaring yang dilapisi emas. Selain itu ada pula Wat Intharawihan yang memiliki patung Buddha dalam pose berdiri yang menjulang tinggi 32 meter dengan lebar 10 meter.

Loading...
Baca Juga :  Amerika Putuskan Jaringan Pengiriman Minyak Iran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *