Musim Hujan dan Kewaspadaan Pengendara

Musim Hujan dan Kewaspadaan Pengendara

Musim Hujan dan Kewaspadaan Pengendara

AKTAINDONESIA.COM, MUSIM hujan sudah tiba. Bagi Anda yang biasa melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain tentu mungkin akan terganggu. Lain hal nya dengan pengendara mobil yang mungkin tidak akan terlalu menjadi hambatan besar. Sebab, tubuh terlindung dari kontak langsung dengan curah hujan dan dingginnya temperatur di luar.

Namun keselamatan dalam mengemudi tidak bisa disepelekan begitu saja karena tak jarang terjadi kecelakaan saat musim hujan karena hal-halsepele yang luput dari perhatian. Berikut tips-tips menjaga keselamatan berkendara saat hujan yang tak boleh disepelekan:

Pastikan Kendaraan dalam Kondisi Layak Jalan

Sebelum berkendara, tentu seseorang harus memperhatikan terlebih dulu kondisi kendaraannya. Jangan sampai kendaraan tidak teratur dalam servis secara berkala. Hal tersebut bisa menyebabkan mogok di jalan. Apalagi di musim hujan yang kemungkinan terjadi genangan air, bisa saja mesin mati.

Perhatikan Kondisi Ban

Kondisi ban juga perlu diperhatikan Karena dapat mempengaruhi cengkraman ketika mengemudi di jalanan yang basah dan licin. Jika kondisi ban sudah gundul, jangan memaksakan diri untuk berkendara.

Perhatikan Kecepatan Berkendara

Pengendara juga harus memperhatikan kecepatan. Setidaknya harus dikurangi kecepatan dari pada saat jalanan kering dan jangan lupa selalu jaga jarak aman antar kendaraan. Berbeda dengan kondisi normal, jika hujan tiba pengendara harus melipatgandakan jarak aman tersebut karena adanya potensi pengereman yang butuh ruang yang cukup. Semakin cepat kendaraan melaju saat hujan, recovery saat masuk dalam keadaan darurat menjadi lebih sulit.

Jaga Emosi Pengendara

Mengemudi di jalan raya saat berangkat atau pulang kerja sering kali membuat pengendara tidak memperhatikan jalan, tapi justru focus memperhatikan waktu karena takut terlambat. Saling tidak mau mengalah menjadi hal yang sering terjadi. Akhirnya menyebabkan cekcok dengan pengendara lain di tengah jalan.

Baca Juga :  BREAKING NEWS : Pretty Asmara Meninggal Dunia

Maka pengendara harus menguasai emosi saat berkendara. Jika pengendara terlalu emosi, apalagi saat melintasi jalan licin ketika hujan, bisa saja tergelincir dan menyebabkan kecelakaan. Kondisi jalan licin lebih membutuhkan konsentrasi yang baik dengan keahlian menangani situasi darurat yang baik pula.

Selain itu, agar lebih nyaman dalam berkendara, pemilik kendara bisa meng-cover kendaraan dengan asuransi.

Hati – hati Terhadap Kondisi Banjir

Rata-rata asuransi tidak mengcover kerusakan akibat bencana, dalam hal ini banjir, kecuali memiliki perluasan asuransi yang mengcover hal ini. Namun jangan khawatir, pada Desember ini BCA Finance memiliki program promo banjir bonus, yaitu tambahan benefit asuransi gempa, banjir, dan Tanggung Jawab Hukum (TJH) sebesar Rp 10 juta.

Admin

aktaindonesia.com adalah portal media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Portal berita ini selama 24 jam dalam sepekan selalu update. Selengkapnya

leave a comment

Create Account



Log In Your Account