MTQ Nasional 27 di Medan akan Diikuti Ribuan Peserta

MTQ Nasional 27 di Medan akan Diikuti Ribuan Peserta

MTQ Nasional 27 di Medan akan Diikuti Ribuan Peserta

 

AKTAINDONESIA.COM, JAKARTA – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat nasional ke-27 di Medan dan Deli Serdang pada 4-13 Oktober 2018. Sebanyak 1.555 qori’ dan hafidz yang akan menjadi peserta dalam kegiatan akbar para pecinta Alquran ini.

Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag, Khoiruddin mengatakan, seribuan lebih peserta itu merupakan delegasi dari seluruh provinsi di Indonesia. Mereka akan mengikuti 12 cabang lomba di 12 arena lomba atau mimbar.

“Peserta MTQ tahun ini seluruhnya 1.555 dari seluruh provinsi. Itu ada 12 mimbar yang akan ditampilkan,” ujar Khoiruddin, Senin (1/10).

Dia mengatakan, untuk meningkatkan kualitas qori’ dan hafidz di Indonesia, pihaknya juga telah melakukan lima reformasi pada pergelaran MTQ Nasional tahun ini, yaitu diterbitkannya Peraturan Menteria Agama (PMA) tentang Seleksi Tilwatil Qura’n (STQ) dan MTQ, menyediakan alat fingerprint, menyediakan aplikasi e-Maqra, menyediakan aplikasi Musabaqah, dan memberikan layanan publik.

“Itu reformasi yang baru untuk MTQ tahun ini. Ini sebagai upaya agar MTQ ini bisa berjalan dengan baik dan transparan dan menghasilkan para qori-qoriah dan hafidz-hafidzah yang berkualitas,” ucap Khoiruddin.

Dalam MTQ Nasional ini juga akan digelar berbagai seminar, parade 1.000 hafidz, Malam Ta’aruf, pameran, pawai ta’aruf, dan peluncuran buku. Menurut dia, para peserta yang menang lomba nantinya akan dikirim ke luar negeri untuk mengikuti MTQ tingkat Internasional.

“Nanti para juara ini tidak menutut kemungkinan akan dikirim ke luar negeri untuk mengikuti musabaqah Internasional. Jadi ini sekaligus penyeleksian,” kata Khoiruddin.

Baca Juga :  Kampung Dongeng Pekanbaru Gelar Pekan Ceria

 

necmy

leave a comment

Create Account



Log In Your Account