Minas Terima Zakat Rp 230 Juta Dari Baznas Siak

AKTAINDONESIA.COM, SIAK – Badan Amil Zakat (BAZ) kabupaten Siak melakukan penyaluran Zakat pola konsumtif tahap III tahun 2019 di masjid Al-Anshor Kampung Rantau Bertuah, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau. Selasa (15/10/2019) pagi. Adapun jumlah total zakat yang di salurkan di kecamatan Minas untuk tahap ini berjumlah sebesar Rp.230.448.900. diantaranya, pola usaha produktif Rp. 109.586.000. usaha ubi kasesa, Rp.71.638.000. 47 Mustahik Rp. 1.000.000. hak Amil Rp.22.249.000.

Abdul Rasyid Ketua BAZNAS Siak dalam kesempatan itu dia mengatakan bahwa untuk Kampung Rantau Bertuah adalah kali kedua pihaknya mengunjungi tempat itu melakukan penyalurkan zakat, adapun zakat yang di salurkan untuk tahap ini sekabupaten Siak dengan jumlah total Rp.4,7 Miliar, yang kata dia akan di salurkan sejak bulan Oktober ini hingga November nanti.

“kita akui pengumpulan zakat tahun ini lebih tinggi dari sebelumnya, walupun memang belum melampaui target, maka dari itu kita harapkan kesadaran Mustahik untuk menyalurkan zakatnya.” Kata Rasyid.

Disamping itu kata dia, pihaknya dengan Bupati Siak Drs H Alfedri telah sepakat bahwa Pemkab Siak siap meminjamkan lahan pemda untuk perogram penanaman ubi bagi warga yang kurang mampu. “Dan dananya sudah kita sediakan sebesar Rp.71 juta anggaran, tinggal usulkan dimana kampung untuk lahan dan akan kita siapkan pupuk dan lain sebagainya, agar harga setabil kita sudah bekerjasama dengan koperasi.” Jelasnya.

Lanjutnya. “Seperti di koto Gasib Alhamdulillah lahannya sudah ada 10 Ha, dan sudah kita cek kelokasi, untuk ubi ini kita sudah siapkan anggaran sebesar 1,2 Milyar rupiah, yang tentunya agar Muzaki bisa memiliki usaha yang berkesinambungan dengan dana zakat ini. Oleh karena itu marilah kita bersama-sama mengajak saudara kita yang telah mampu untuk menunaikan Zakat. Yang tentunya semua ini bertujuan untuk keberkahan negri kita.” Imbuhnya lagi.

Baca Juga :  Minas Jaya Terima Piagam Penghargaan Dari Bupati Siak

Sementara itu camat Minas H Hendar Adi Nugraha S.STP.MSi dalam kesempatan itu dia mengatakan bahwa Kampung Rantau Bertuah menurutnya sangat banyak potensi zakat dibandingkan dengan kampung Mandiangin, namun demikian hingga saat ini pengumpul zakat terbesar Sekecamatan Minas masih dipegang oleh Kampung Mandiangin.

“Oleh karena itu kita harapkan support dari para ketua kelompok maupun pemerintah kampung agar mensupport masyarakat yang sudah layak membayar zakat untuk menunaikan zakatnya, sebab ini bertujuan untuk keberkahan kampung kita, disamping itu zakat ini sangat membantu dana pemerintah dalam mengembangkan pemberdayaan masyarakat, jadi kita harapkan agar kita bisa memaksimalkan zakat di kampung ini maupun kecamatan Minas Umumnya. Selain itu kita tentu berharap yang saat ini masih berstatus menerima zakat kedepannya bisa menjadi pemberi zakat.” Tuturnya.

Terlihat juga hadir dalam giat itu penghulu Kampung Rantau Bertuah Darbi S.Ag, Khairil hakim bidang pendisbusian upz kec. Minas dan penghulu kampung lainnya yang ada di kecamatan Minas hingga sejumlah Mustahik dan Muzaki.(*)

__Terbit pada
15/10/2019
__Kategori
Info Daerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PropellerAds