Mesjid Al Fatah Unilak Potong 7 Hewan Kurban

AKTAINDONESIA.COM, PEKANBARU – Hari Raya Idul Adha 1441, Keluarga besar Universitas Lancang Kuning sembilih sebanyak 6 hewan kurban, dengan rincian 3 ekor sapi, 4 ekor kambing. Sabtu (1/07/2020). Pelaksanaan penyembelihan dilakukan di halaman mesjid Al Fatah kampus Unilak.

Sejak pukul setengah delapan pagi, peserta dan petugas kurban telah berkumpul dan mempersiapkan perlengkapan dan peralatan. Peserta kurban berasal dari dosen,dan karyawan di unilak. Diantaranya, dari rektor Unilak Dr.Junaidi, dekan fakultas hukum,Dr.Fahmi, Dr.Bambang Supeno, Kurniawan. Mpd, Dra. Essy Syam, Dr. Evizariza, Bayu Febriandi, M.Kom, Nur Aisyah , Ir.Lafiva Siswati, MP, Dr.Yeni, Triana.MH, Noprianti, Suharni, Dr. Aliardsyam, Dr.Bambang Suroto. DR. Hadiati, Ryan Pahlawan, A.Kholid, Evi Yandi, Nyami, Faris Abdul, Susi Handayani, Dr.Fatkhurahman dan Ikatan dosen Unilak.

Pelaksanaan proses pemotongan sapi dan kambing berjalan lancar tanpa hambatan, di tahun ini pelaksanaan pemotongan perdana menggunakan kandang. Hewan kurban kemudian digiring kedalam kandang dan kemudian direbahkan. Kandang potong ini lebih memudahkan dan lebih aman, serta prosesenya cepat.

Rektor Unilak Dr Junaidi saat memberikan sambutan mengatakan,
Alhamdulillah hari ini ,di mesjid Al Fatah Unilak tahun ini menyelenggarakan kurban, terima kasih kepada panitia dan telah mengelola kegiatan ini.

“Kita bersyukur pada tahun ini, mesjid menyembelih tiga ekor sapi, 4 ekor kambing. Kita berharap kegiatan ini tiap tahun berlangsung semoga tahun ini memberikan keberkahan kepada kita semua.

Sementara itu salah satu peserta kurban, Dr. Evizariza saat ditemui menyebutkan bersyukur dapat ikut berkurban. Menurutnya perjuangan nabi Ibrahim dan Ismail mengajarkan kita ke iklasan dan mematuhi perintah Allah. Dengan berkurban ikut berbagi kepada saudara saudara yang membutuhkan dan merasakan daging kurban disaat pandemi Covid 19.

Sementara itu ketua pelaksana, M. Algusyamsur, menyebutkan
di tahun ini sebanyak 210 kupon diberikan kepada peserta kurban,karyawan kontrak Unilak, petugas keamanan, pegawai, panti asuhan, dan masyarakat sekitar kampus.

Baca Juga :  Pertama Di Riau, Unilak Gelar Wisuda Secara Drive Thru

Dijelaskan Algu, di tahun ini pengurus mesjid perdana menggunakan kandang potong. Kandang potong ini lebih aman, cepat, pisau untuk menyembelih disiapkan khususm

“Alat kandang potong baru digunakan tahun ini, ini lebih mudah, dan lebih aman, dan menggunakan golok khusus yang hanya sekali sembelih” Sebutnya.

Di jelaskan Algu, harapannya di suasana Covid 19 ini daging kurban yang diberikan dapat mengurangi beban warga dalam pemenuhan pangan di masa Covid 19, dan tahun depan dosen dan karyawan yang berniat kurban di limpahkan Rezkinya, dan tiap tiap fakultas turut serta berkurban.

Dalam pelaksanaan pemotongan kurban ini petugas diperiksa suhu tubuh dan wajib menggunakan masker serta memperhatikan protokol kesehatan.

__Posted on
01/08/2020
__Categories
UNILAK

Author: Akta Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PropellerAds