Internasional

Mencekam…!!, Teror 4 Masjid di Birmingham, Inggris

AKTAINDONESIA.COM, BIRMINGHAM – Empat masjid di Kota Birmingham, Inggris, menjadi sasaran penyerangan, sepanjang Kamis (21/3/2019) dini hari.

Menurut keterangan kepolisian West Midlands, seorang laki-laki diketahui menghancurkan jendela menggunakan palu di dua dari empat masjid yang menjadi sasaran.

Kepolisian antiterorisme langsung diterjunkan menyelidiki penyerangan ini. Dipastikan, serangan di empat lokasi berbeda itu saling berkaitan, namun tak ada korban.

“Saat ini kami belum mengetahui pasti motif serangan tadi malam. Apa yang bisa saya katakan adalah pasukan dan unit antiterorisme sedang bekerja untuk mencari siapa pun yang bertanggung jawab,” kata kepala kepolisian Dave Thompson, dalam pernyataan, dikutip dari AFP.

Polisi pertama kali mendapat laporan seorang pria menghancurkan kaca jendela masjid di salah satu lokasi.

Setelah itu, laporan serupa lainnya silih berganti datang di lokasi tak berjauhan.

“Petugas forensik berusaha mengidentifikasi mengidentifikasi bukti, serta memeriksa CCTV,” kata petugas dari West Midlands.

Pekan lalu, kepolisian nasional Inggris mengumumkan patroli ke masjid-masjid menyusul penembakan yang menewaskan 50 jamaah Salat Jumat di Christchurch, Selandia Baru.

Kelompok antirasisme memperingatkan, aktivitas Islamfobia yang dilakukan kelompok sayap kanan sedang marak di Inggris belakangan ini.

Hasil studi yang diungkap sebuah lembaga amal Hope Not Hate bulan lalu mengungkap, satu dari tiga warga Inggris beranggapan Islam merupakan ancaman bagi cara hidup warga negara tersebut.

Dalam insiden lain pekan ini, Mohammed Mahmoud, seorang imam yang dikenal karena melindungi pelaku teror mematikan di masjid London pada 2017, diludahi dan dilecehkan.

Mahmoud mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Senin lalu ketika pulang dari acara solidaritas untuk korban penembakan jamaah masjid Selandia Baru. Acara itu turut dihadiri para pemimpin agama lainnya serta Menteri Dalam Negeri Sajid Javid dan Wali Kota London Sadiq Khan.

Baca Juga :  Prabowo Temui Anwar Ibrahim di Kuala Lumpur

 

 

 

 

 

 

sumber kutipan : https://www.inews.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *