Kolom

Manfaat Madu Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

AKTAINDONESIA.COM, PEKANBARU – Sejak zaman dulu madu dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, manfaat madu sudah sangat dikenal dan ampuh. Madu memiliki rasa manis sehingga dapat dijadikan alternatif pengganti gula, dari segi kesehatan tentu madu lebih sehat jika dibandingkan dengan gula. Madu berbentuk cairan yang kental dengan warna kuning, dan coklat. Dan madu sangat umum dijadikan sebagai sumber energi karena memiliki kandungan 64 kalori per sendok makan.

Loading...

Madu memiliki kalori gula dan dapat menyerap lemak dengan baik, terutama kalau dikonsumsi bersamaan dengan air hangat. Madu memiliki banyak kandungan bergizi seperti mineral dan vitamin, yang didapat dari nektar bunga yang berhasil dihisap oleh lebah.

Madu memiliki sifat antibiotik sehingga dapat digunakan sebagai antiseptik alami yang dapat digunakan dan tanpa adanya efek samping. Madu juga memiliki kandungan nutrasetikal yang efektif mengeluarkan radikal bebas dari tubuh manusia. Sehingga kekebalan tubuh kita akan meningkat dan membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Ini dia manfaat MADU bagi kesehatan anda :

1. Sebagai Anti Jamur dan Anti Bakteri

“Semua madu adalah antibakteri karena lebah menambahkan enzim yang membuat hidrogen peroksida,” kata Peter Molan, direktur Unit Penelitian Madu di University of Waikato di Selandia Baru.

2. Pengatur GulA Darah

Meskipun mengandung gula sederhana, itu tidak sama dengan gula putih atau pemanis buatan. Kombinasi tepat fruktosa dan glukosa benar-benar membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Beberapa jenis madu memiliki indeks hipoglikemik rendah, sehingga mereka tidak menyentak gula darah Anda.

3. Pekuat Sistem Kekebalan Tubuh

Jenis madu manuka dari Australia telah ditemukan untuk merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh menurut sebuah penelitian di School of Medicine, Cardiff University, Inggris.

Sebagai tambahan, manfaat madu selain untuk kesehatan, juga dapat digunakan untuk kecantikan, karena madu dipercaya dapat menjadikan kulit lebih halus dan lembut.

4. Wajah dan Kecantikan

Ternyata, manfaat madu tak cuma untuk kesehatan saja. Pasalnya, madu kaya akan anti-oksidan yang ternyata banyak dibutuhkan oleh wajah. Oleh karena itu, manfaat madu juga memiliki dampak besar di kecantikan dan kosmetik.

Cara untuk mendapatkan manfaat madu untuk kecantikan adalah dengan membuatnya sebagai salah satu campuran masker ataupun lulur, dan digunakan tiap hari.

Berikut deretan manfaat madu untuk kecantikan, antara lain pelembap alami wajah yang kering, mengangkat sel kulit mati, menghilangkan komedo, menyamarkan noda bekas jerawat, menyamarkan flek hitam, mengecilkan pori-pori wajah, menghaluskan wajah, membasmi jerawat, menangkal radikal bebas, mencegah penuaan dini, serta mencegah kulit keriput.

Loading...
Baca Juga :  7 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *