Manfaat Kajian Fiqih Kontemporer

AKTAINDONESIA.COM – Berbuat baik bukan hanya saja dengan menunaikan shalat,melainkan berbuat baik bisa salah satunya dengan mengikuti dan menghadiri majelis majelis ilmu dan kajian kajian dialog.

Tertanggal 10 November 2018 IKMI Kota pekanbaru mengadakan kajian FIQIH KONTEMPORER  Dengan Narasumber DR.H.Magfiroh.MA yang bertempat di Gedung maghligah IKMI provinsi.Dengan Berbagai peserta dari kalangan mahasiswa/i dan dosen-dosen serta Da’i Dda’i,dan yang lebih mengagumi lagi Adanya antusias yang tinggi dari mahasiswa thailand salah satunya yaitu Abdul Halim dan rombongan,mereka menempuh jarak yang cukup jauh untuk mengkuti kajian tersebut.

Peserta Awal Kajian Fiqih IKMI Kota Pekanbaru

Musa berkata kepada Khaidir, “Bolehkah aku mengikutimu  supaya kamu mengajarkan kepadaku ilmu yang benar di antara ilmu–ilmu yang telah diajarkan kepadamu.” (Al Kahfi:66). Majelis ilmu adalah salah satu majelis mengingat Allah dan merupakan salah satu ibadah yang agung. Dengan dzikrullah seorang hamba mendekatkan diri kepada  Rabb-nya, mengisi waktunya dan memanfatkan nafas-nafasnya.

Banyak keutamaan menghadiri majelis ilmu. Pertama, menuai pahala besar. Rasul SAW bersabda, “Barangsiapa yang pergi ke masjid, tidaklah diinginkannya (untuk pergi ke masjid) kecuali untuk mempelajari kebaikan atau untuk mengajarkan kebaikan. Maka baginya pahala seperti orang yang melakukan haji dengan sempurna.” (HR.As-Suyuthi).

Kedua, dimudahkan jalan menuju surga. Rasul SAW bersabda, “Barangsiapa yang menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah memudahkan untuknya jalan menuju surga.” (HR.Muslim). Allah akan memudahkan memasuki surga bagi orang yang menuntut ilmu yang tujuannya untuk mencari wajah Allah, untuk mendapatkan ilmu, mengambil manfaat dari ilmu syar’i dan mengamalkan konsekuensinya. Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga pada hari kiamat kelak, ketika melewati shirat dan dimudahkan dari berbagai ketakutan.

Baca Juga :  Partai Politik Ketinggalan Kareta

Ketiga, diampuni dosanya oleh Allah. Rasul SAW bersabda, “Tidaklah duduk suatu kaum, kemudian mereka berzikir kepada Allah dalam duduknya hingga mereka berdiri, melainkan dikatakan oleh malaikat kepada mereka. Berdirilah kalian, sesungguhnya Allah telah mengampuni dosa-dosa kalian dan keburukan – keburukan kalian pun telah diganti dengan berbagai kebaikan,” (HR.Ath-Thabrani).

Keempat, majelis ilmu termasuk majelis zikir sebagai taman surga di dunia. Rasul SAW bersabda, “Jika kamu melewati taman–taman surga, maka singgahlah dengan senang. Para sahabat bertanya apakah taman – taman surga itu? Rasulullah SAW menjawab halaqah–halaqah (kelompok–kelompok) zikir.” (Dari Anas RA).

 

Deri Syaputra

comments
  • Subahannalah

  • leave a comment

    Create Account



    Log In Your Account