Mahasiswa UMRI Kunjungi Percetakan Kertas

AKTAINDONESIA.COM, PEKANBARU – Dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah sistem pengendalian manajemen,kami mahasiswi Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) berkesempatan mengunjungi salah satu UMKM yaitu CV.MULIA ANUGERAH PANDAWA yang bergerak pada bidang percetakan milik bapak Suharyanto yang berlokasi di Jalan Dahlia Gg Gajus No.01 Pekanbaru,Senin,12 Juli 2021.


Adapun anggota kelompok yang berpatisipasi dalam kunjugan ini adalah Della Salsabilla Am nur,Nurul Nadia Tasa,Restia Melinda,Syintia Efendi.Yang merupakan mahasiswi semester 6 dari Program Studi Akutansi,Fakultas Ekonomi Dan Bisnis,serta dosen pengampun yaitu Ibu Intan Putri Azhari,SE,M.Acc.Tujuan diadakan wawancara ini adalah untuk mengetahui berapa persen penurunan omset percetakan CV.MULIA ANUGERAH PANDAWA selama masa pendemi Covid-19.
CV.MULIA ANUGERAH PANDAWA berdiri sejak tahun 2005 dan masih berjalan hingga saat ini.Awal mula didirikannya usaha ini untuk memenuhi perekonomian keluarga.Barang yang dicetak berupa bahan kertas seperti nota,kwitansi,invoice,surat jalan,brosur,faktur dan lain sebagainya.


Usaha ini merupakan usaha keluarga yang dikelola oleh pemiliknya langsung.Dari hasil wawancara yang telah dilakukan mengenai strategi pemasarannya,pemilik percetakan CV.MULIA ANUGERAH PANDAWA menjelaskan tidak ada pemasaran khusus melainkan para konsumen yang datang langsung ke UMKM tersebut.
Tentunya selama masa pendemi ini ada dampak yang dialami oleh para pelaku UMKM,tak terkecuali juga dialami oleh percetakan CV.MULIA ANUGERAH PANDAWA.Untuk permasalahannya selama masa pandemi Covid-19 ”Pendapatan turun drastis hingga penawaran harga yang diberikan juga turun tidak seperti sebelum pandemi.Ujar Bapak Suharyanto”.
Untuk membantu mengurangi dampak yang terjadi pada usaha ini,kami mahasiswi umri memberikan saran yaitu membuat perencanaan,pemasaran yang lebih maju seperti memasarkan melalui media masa online menyebar brosur dan kartu nama.
Bagi para pembaca yang ingin memulai usaha diharapkan untuk melihat lihat terlebih dahulu resiko resiko yang mungkin akan terjadi dan dapat membuat perencanaan yang baik.

Baca Juga :  Seorang Pengedar Narkoba Diamankan Polisi
__Terbit pada
13/07/2021
__Kategori
News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PropellerAds