sport

Liverpool Hempaskan MU 3-1, Dua Gol dari Shaqiri

AKTAINDONESIA.COM, LIVERPOOL – Liverpool tampil dominan atas Manchester United, Minggu (16/12/2018) malam WIB di Anfield dan menutup laga dengan kemenangan 3-1. Xherdan Shaqiri jadi bintang kemenangan The Reds lewat dua golnya.

Jalannya pertandingan

Liverpool langsung menggebrak sejak menit awal laga di mulai dan tak memberikan kesempatan untuk MU mengembangkan permainan. Di menit kedua, Liverpool mendapat peluang lewat Roberto Firmino yang membentur bek MU dan berujung korner.

MU sempat menjebol jala Liverpool pada menit keempat tapi gol Romelu Lukaku dianulir karena pemain Belgia itu sudah terjebak offside lebih dulu.

Di menit ketujuh Firmino mendapat peluang lagi tapi bola sepakannya masih bisa ditepis David De Gea dan rebound disambar Mohamed Salah meski masih sepakannya melayang di atas mistar.

Dua menit kemudian Liverpool mendapat kans lagi untuk bikin gol tapi sepakan Fabinho dari luar kotak penalti yang mengarah ke gawang membentur bek MU dan cuma menghasilkan korner.

Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga pada menit ke-24 ketika umpan lambung Fabinho ke kotak penalti MU disambut Sadio Mane yang berdiri bebas dan tanpa kesulitan menceploskan bola ke gawang De Gea dari jarak dekat.

Keunggulan 1-0 itu membuat Liverpool makin bernafsu menyerang pertahanan MU. Pada menit ke-27, Liverpool nyaris menggandakan keunggulan dari sebuah kemelut di depan gawang. Sayang sepakan Lovren dari jarak enam yard mengarah ke langit.

MU yang lebih banyak ditekan mampu menyamakan skor di menit ke-33 setelah Alisson Becker membuat kesalahan saat mengantisipasi crossing Lukaku. Bola terlepas dan Jesse Lingard yang berada di depan gawang dengan mudah mengirimnya ke dalam gawang.

Laga sempat memanas ketika Lukaku terlibat insiden perebutan bola dengan Naby Keita di tengah lapangan. Lukaku yang berusaha mengambil bola malah lebih dulu menekel kaki Keita dan akhirnya dia dikartukuning.

Tak ada lagi gol tercipta sehingga pertandingan babak pertama berakhir imbang 1-1.

Babak kedua berjalan, MU coba mengubah alur permainan dengan memasukkan Marouane Fellaini menggantikan Diogo Dalot. MU bermain dengan formasi 4-3-3 dengan Matteo Darmian jadi bek kanan dan Ashley Young di posisi bek kiri.

Di menit ke-51, Liverpool mendapat peluang lagi. Firmino melepaskan diri dari kawalan pemain MU di kotak penalti dan melepaskan sepakan yang bisa ditepis De Gea. Bola muntah coba disambar Mane tapi dengan cepat dihalau Young.

Juergen Klopp akhirnya memainkan Xherdan Shaqiri untuk mempertajam lini serang mengingat pertahanan MU begitu solid meredam permainan Liverpool.

Pergantian ini membuahkan hasil ketika Shaqiri membawa Liverpool unggul lagi di menit ke-73. Mane meliuk dari sisi kiri dan dia mengirimkan umpan tarik yang sempat membentur bek MU sebelum jatuh di kaki Shaqiri. Sepakannya pelan tapi berubah arah setelah membentur Young dan bersarang di pojok atas gawang De Gea.

Shaqiri! Gol kedua dibuat pemain asal Swiss itu sekaligus membawa Liverpool menjauhkan skor jadi 3-1. Kali ini serangan cepat tuan rumah mampu membongkar pertahanan MU dan Salah mengirimkan bola terakhir ke Shaqiri. Shaqiri menembak yang lagi-lagi membentur pemain MU, kali ini Bailly, sebelum bersarang di pojok kanan gawang De Gea.

Liverpool coba menambah gol lagi tapi hingga tiga menit injury time berlalu, skor 3-1 tetap bertahan untuk kemenangan mereka.

Susunan pemain

Liverpool: Alisson Becker; Nathaniel Clyne, Dejan Lovren, Virgil Van Dijk, Andrew Robertson; Fabinho, Georginio Wijnaldum, Naby Keita (Xherdan Shaqiri 71′); Sadio Mane (Jordan Henderson 85′), Roberto Firmino, Mohamed Salah

Man United: David De Gea; Victor Lindelof, Eric Bailly, Matteo Darmian; Diogo Dalot (Marouane Fellaini 46′), Nemanja Matic, Ander Herrera (Anthony Martial 79′), Jesse Lingard (Juan Mata 84′), Ashley Young; Marcus Rashford, Romelu Lukaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *