Kota Pekanbaru Mulai Diselimuti Kabut Asap

AKTAINDONESIA.COM, PEKANBARU – Kualitas udara di Kota Pekanbaru mulai tidak sehat, pasalnya sudah lebih dari dua pekan kota yang dijuluki kota bertuah ini diselimuti kabut asap, hal ini disebabkan kabut asap kiriman dari dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di kabupaten/kota tetangga.

Dari pantauan kualitas udara melalui Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU), terlihat kualitas udara di Pekanbaru berada diangka 50-100 Polutan Standar Indeks (PSI) atau kategori sedang.

Menanggapi hal tersebut, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Muhammad Amin, menghimbau kepada masyarakat agar mengurangi aktivitas diluar rumah. Meski kualitas udara berada dalam kategori sedang.

“Meskipun kualitas udaranya masih sedang. Namun, hal ini tidak baik untuk kesehatan khususnya anak-anak, ibu hamil dan lanjut usia. Hendaknya kurangi aktivitas di luar rumah. Kalau ingin beraktivitas di luar rumah, sebaiknya gunakan masker sehingga tidak berpaparan secara langsung,” ujarnya, Selasa (30/7).

Selain mengurangi aktivitas luar ruangan atau rumah lanjut Amin, masyarakat juga diminta agar mengkonsumsi makanan sehat dan banyak minum air putih.

“Kemudian perbanyak menkonsumsi air putih dan tidak menambah asap dengan membakar sampah. Jadi selama musim kemarau ini kurangi dulu membakar bakar sampah,” tambahnya.

Amin juga mengintruksikan Kepada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) agar siap untuk memberikan penanganan terhadap warga yang terdampak kabut asap. Seperti menyiapkan ruangan khusus sebagai tempat penanganan penderita berbagai penyakit akibat kabut asap. Hal ini bertujuan untuk mempercepat akses layanan kesehatan bagi pasien ISPA yang terkena dampak kabut asap.

“Berkaca dari pengalaman empat tahun yang lalu. Penyakit yang ditimbulkan dari dampak kabut asap adalah ISPA, asma, jantung, paru-paru dan iritasi mata. Saat ini untuk warga yang menderita berbagai penyakit tersebut masih menunggu laporan dari Puskesmas,” ucapnya.

Baca Juga :  Penyuluhan Tentang Keamanan Instalasi Lisitrik Untuk Warga Rumbai

Menurut Amin, jika kualitas udara terus memburuk, maka pihaknya bersama Puskesmas akan turun untuk membagikan masker kepada warga.

“Kita terus memantau kualitas udara ini sambil menyiapkan berbagai langkah pencegahan dan penanganan. Yang jelas kami berupaya untuk mengantipasi agar jumlah pasien ISPA tidak meningkat. Selain itu, kami juga berharap agar kondisi seperti tahun 2015 tidak terulang yakni kualitas udara di Kota Pekanbaru sempat menyentuh level berbahaya,” tutupnya.

__Terbit pada
30/07/2019
__Kategori
Nasional
1

One comment on “Kota Pekanbaru Mulai Diselimuti Kabut Asap”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PropellerAds