Kisah Kagumnya Imam Besar Malaysia Pada Masjid ‘Terapung’ Samudera Ilahi Painan

AKTAINDONESIA.COM, PAINAN – Masjid “Terapung” Samudera Ilahi di Kawasan Objek Wisata Pantai Carocok Painan, Kecamatan IV Jurai diresmikan pemakaiannya pada Jumat (5/2) oleh Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni.

Dalam acara itu turut hadir Anggota DPR RI Komisi VIII, Lisda Hendrajoni, Anggota Forkopimda, Ketua MUI Pessel, kepala perangkat daerah, tokoh masyarakat, alim ulama dan undangan lainnya.

Informasi peresmian Masjid yang dibangun di atas lahan seluas 1.795 M² dan menelan biaya sebesar Rp 27,5 miliar itu telah menyebar seantero negeri.

Kekagumannya itu disampaikan langsung kepada salah satu tokoh di Pessel. Imam Besar tersebut menelepon tokoh itu sebelum peresmian Masjid Samudera Ilahi.

Masjid “Terapung” Samudera Ilahi di Kawasan Objek Wisata Pantai Carocok Painan, Kecamatan IV Jurai diresmikan pemakaiannya pada Jumat (5/2) oleh Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni.

Dalam acara itu turut hadir Anggota DPR RI Komisi VIII, Lisda Hendrajoni, Anggota Forkopimda, Ketua MUI Pessel, kepala perangkat daerah, tokoh masyarakat, alim ulama dan undangan lainnya.

Informasi peresmian Masjid yang dibangun di atas lahan seluas 1.795 M² dan menelan biaya sebesar Rp 27,5 miliar itu telah menyebar seantero negeri.

Keberadaanya bukan saja diketahui di penjuru Nusantara bahkan sampai keluar negeri. Masjid yang dapat menampung hingga 300 jamaah ini juga terdengar ke negeri Jiran, Malaysia.

Bahkan, salah satu Imam Besar dari negara yang bertetangga dekat dengan Indonesia ini menyatakan kekagumannya atas Masjid “Terapung” Samudera Ilahi tersebut.

Kekagumannya itu disampaikan langsung kepada Ketua MUI Pesisir Selatan, Asli Sa’an. Imam Besar tersebut menelepon Asli sebelum peresmian Masjid Samudera Ilahi.

“Kemaren saya ditelepon seorang imam besar masjid dari Malaysia, yang menyampaikan kekagumannya dengan masjid ini,” kata Asli Sa’an.

Baca Juga :  10 Hoax Paling Berdampak di 2018

Asli juga mengaku sangat bangga dengan kehadiran masjid terapung di Kawasan Carocok Painan.

” Atas nama masyarakat Pesisir Selatan, saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah atas pembangunan masjid ini dan menyampaikan rasa bangga atas terwujudnya pembangunan Masjid Terapung Samudera Ilahi,” tambahnya.

Tentang Masjid Samudera Ilahi
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Pesisir Selatan, Syahriwan, ST mengatakan, saat ini pembangunan masjid terapung sudah selesai 100 % dan siap untuk fungsikan boleh umat muslim.

Ia menjelaskan, masjid terapung Samudera Ilahi dibangun di atas lahan seluas 1.795 M2, serta fasilitas yang dibangun antara lain, bangunan inti yakni tempat salat dengan kapasitas 300 jemaah, selasar, 2 menara setinggi 32 meter dan taman. Pembangun masjid terapung di objek wisata Pantai Carocok menelan biaya Rp 27,5 miliar lebih.

Sementara itu, Hendrajoni, mengatakan, pembangunan Masjid Samudera Ilahi sebagai sarana ibadah bagi masyarakat dan pengunjung Pantai Carocok Painan, sekaligus sebagai pusat informasi kebudayaan dan perkembangan agama Islam di Kabupaten Pesisir Selatan.

Diharapkan, keberadaan masjid ini dapat menjadikan Kabupaten Pesisir Selatan sebagai destinasi wisata terkemuka, terpopuler dan religius di Sumatera Barat dan Indonesia.

__Terbit pada
06/02/2021
__Kategori
Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PropellerAds