News  

Kejuaraan Sepatu Roda Kapolda Cub 2022

AKTAINDONESIA.COM, PEKANBARU — Kejuaraan sepatu roda memperebutkan piala Kapolda Riau, resmi digelar. Kegiatan dibuka langsung oleh pemegang tampuk kepemimpinan Korps Bhayangkara Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, kegiatan bertempat di halaman Kantor Walikota Pekanbaru. Sabtu (16/7/2022).

Perlombaan ini, berlangsung selama 2 hari, yakni pada Sabtu dan Minggu. Kejuaraan diikuti oleh ratusan orang peserta dari sejumlah klub sepatu roda se-Provinsi Riau.

Kejuaraan digelar dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara ke-76 dan untuk lebih memasyarakatkan olahraga sepatu roda di Bumi Lancang Kuning.

Disebutkan Irjen Iqbal dalam sambutannya, sepatu roda atau roller skate adalah olahraga yang sangat banyak manfaatnya.

Selain membakar lemak dan kalori, olahraga ini juga baik untuk kesehatan jantung, serta menjaga keseimbangan sensorik dan motorik.

Irjen Iqbal mengaku senang kegiatan yang dilaksanakan untuk menyemarakkan Hari Bhayangkara ke-76 ini, bisa terselenggara dan banyak menuai animo dan antusias masyarakat.

Ia memaparkan, lomba ini awalnya merupakan inisiatif dari pihak panitia dan pengurus Pengprov Persatuan Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi) Riau.

Irjen Iqbal pun langsung menyetujui diselenggarakannya kegiatan positif seperti ini. Apalagi pesertanya adalah para generasi muda.

“Saya melihat generasi muda di Riau ini adalah calon-calon pimpinan masa depan. Jadi sudah tepat bapak dan ibu, para orang tua mendukung anaknya dalam olahraga. Banyak prestasinya dan Insya Allah nantik kegiatan-kegiatan positif lain akan terbentuk sejak usia dini,” urai Jenderal polisi bintang dua ini.

Menurut Irjen Iqbal, lewat ajang olahraga, pihaknya juga ingin bisa semakin mendekatkan diri dengan masyarakat.

Karena dipaparkan Irjen Iqbal, polisi harus masuk ke semua sendi-sendi kehidupan masyarakat.

“Karena sesungguhnya misi kepolisian itu adalah untuk masyarakat, menciptakan pemeliharaan kemananan dan ketertiban. Kami juga melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat perlindungan, pengayoman, dan pelayanan,” jelasnya.

Baca Juga :  Ketua Bawaslu RI Abhan, SH, MH Monitoring PSU Inhu

Sementara itu, Ketua Panitia, Benny Saputra menerangkan, perlombaan olahraga ini memang bertujuan untuk semakin mempererat hubungan antara instansi Polri dengan masyarakat.

Ia merincikan, kejuaraan ini diikuti oleh peserta dari 8 klub sepatu roda. Terdiri dari Trapesius Akademi Riau dengan 43 atlet, Riau Roller Skate 32 atlet, Riau Inline Skate 26 atlet, Inline Speed Skate Pekanbaru 12 atlet, Neo Inline Skate 17 atlet, Hangtuah Inline Skate 17 atlet, Bina Muda 27 atlet, dan Tualang Inline Skate 13 atlet.

“Total atlet yang mengikuti kejuaraan ini sebanyak 187 atlet, dan nomor yang di lombakan sebanyak 60 nomor pertandingan, dengan kelompok pemula 4 nomor lomba, kelompok standar 24 nomor lomba kelompok speed 24 nomor lomba, kelompok senior 6 nomor lomba dan grand prix 2 nomor lomba,” tuturnya.

Ia berharap, lewat kejuaraan ini, dapat terjaring atlet yang berprestasi. Walaupun sekarang, memang ada kendala terkait ketiadaan venue permanen untuk olahraga sepatu roda.

“Jadi kita harap dengan acara-acara ini juga bisa menggugah stakeholder untuk dapat membangun venue sepatu roda permanen,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Irjen Iqbal menyerahkan langsung dana pembinaan kepada Ketua Panitia. Irjen Iqbal juga diberikan cindera mata.

Hadir dalam kegiatan pembukaan kejuaraan sepatu roda ini, Wakapolda Riau Brigjen Pol Tabana Bangun, para pejabat utama Polda Riau, Kadispora Riau, perwakilan Kejati Riau, perwakilan Korem 031 Wira Bima, Kini Riau, dan lain-lain.

Untuk diketahui, hadiah perlombaan ini, selain piala dan sertifikat, juara umum 1, 2 dan 3 akan mendapat dana pembinaan.

Untuk pemenang juara 1, 2 dan 3 mendapatkan medali dan sertifikat pemenang.

Sedangkan untuk juara 1, 2 dan 3 grand prix, mendapatkan motivation gift berupa emas 999,9 fine gold.