Internasional

Kebakaran Hutan California Tewaskan 31 Orang

AKTAINDONESIA.COM, CALIFORNIA – Korban tewas akibat kebakaran hutan yang dahsyat di California, Amerika Serikat (AS) bertambah menjadi 31 orang. Lebih dari 200 orang lainnya dilaporkan hilang hingga Senin (12/11) dini hari waktu setempat.

Lebih dari seperempat juta orang diperintahkan untuk mengungsi demi menghindari kebakaran hutan yang semakin meluas ini. Seperti dilansir Reuters, Senin (12/11/2018), dua titik api bernama Camp Fire dan Woolsey Fire belum berhasil juga dipadamkan hingga kini.

Camp Fire yang melalap wilayah California Utara dilaporkan menghanguskan lebih dari 6.700 rumah dan bangunan komersial di kota Paradise. Kebakaran ini telah melalap area seluas 44.920 hektare dan baru 25 persen yang berhasil dipadamkan hingga Minggu (11/11) waktu setempat.

Sedikitnya 29 orang tewas akibat kebakaran yang dipicu Camp Fire di California Utara sejak Kamis (8/11) lalu. Menurut Sheriff Butte County, Kory Honea, sedikitnya 228 orang dilaporkan hilang akibat kebakaran tersebut.

Woolsey Fire yang melalap wilayah California Selatan dilaporkan telah menghanguskan area seluas 34.600 hektare dan sejauh ini baru 15 persen area yang berhasil dipadamkan. Kebakaran ini telah menghancurkan 177 bangunan dan menewaskan sedikitnya dua orang.

Total korban tewas akibat Camp Fire dan Woolsey Fire sejauh ini mencapai 31 orang.

Kebakaran hutan ini memaksa otoritas setempat merilis perintah evakuasi untuk sekitar seperempat juta orang di wilayah Ventura dan Los Angeles juga di kawasan terkenal Malibu, California Selatan. Banyak selebriti yang memiliki rumah di Malibu ikut dievakuasi.

Dituturkan otoritas setempat bahwa angin yang panas dan kering yang berhembus di kawasan itu diperkirakan akan semakin memperluas kebakaran. Setidaknya api masih akan berkobar hingga Selasa (13/11) besok. Otoritas setempat mendorong warga setempat untuk mematuhi perintah evakuasi.

Baca Juga :  Korban Tewas Penembakan di Sinagoge Jadi 11 Orang

“Angin sudah berhembus. Angin akan terus berhembus untuk tiga hari ke depan. Rumah Anda bisa dibangun kembali tapi Anda tidak bisa mengembalikan kehidupan yang sudah hilang,” sebut Kepala Departemen Pemadam Kebakaran Los Angeles County, Daryl Osby.

Gubernur California, Jerry Brown, meminta Presiden AS Donald Trump untuk menetapkan status bencana besar untuk meningkatkan respons darurat dan membantu pemulihan warga setempat. Trump sebelumnya mengkritik otoritas negara bagian California yang disebutnya mengelola hutan dengan sangat buruk sehingga memicu kebakaran semacam ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *