News

JPU Bengkalis Tuntut Hukuman Mati Kurir Narkoba 55 Kg

BENGKALIS – Setelah sidang lanjutan perkara narkoba jenis sabu 55 Kg dan pil ekstasi 46.718 butir, dengan agenda tuntutan tertunda sampai 5 kali, lantaran berkas tuntutan dari Kejaksaan Agung (Kejagung), belum turun ke Kejari Bengkalis.

Pada akhirnya penundaan sidang tersebut berakhir sudah, karena pada hari ini, Kamis (13/12/18) pagi tadi sekitar pukul 10.00 WIB, agenda tuntutan terhadap tiga terdakwa dari Jaksa Penuntut Umum (JPU), telah dibacakan oleh Kasi Pidum Kejari Bengkalis Iwan Roy Carles di hadapan Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis.

Dalam bacaan tuntutan dari JPU ini, ketiga terdakwa inisial Andi Saputra (27) dan Dedi Purwanto (25) dan Juliar (23) dituntutan hukuman mati, dengan dikenakan pasal 114 Ayat (2) Jo Pasal 132 Ayat (1) undang-undang 35 tahun 2009. Karena ketiga terdakwa telah terbukti dan meyakinkan, menguasai narkoba jenis sabu dan pil ekstasi.

Sidang ini dipimpin ke Ketua Majelis Hakim PN Bengkalis, Dr Sutarno SH, MH, didampingi dua anggota Rizki Musmar SH dan Aulia Fhatma Widhola SH, dua JPU Iwan Roy Carles SH dan Aci Jaya Saputra SH, dan dua Penasehat Hukum (PH) ketiga terdakwa Windrayanto SH dan Farizal SH.

Sidang ini, akan dilanjutkan pekan depan Kamis (20/12/18) dengan agenda pledoi (pembelaan) yang akan dibacakan oleh PH terhadap ketiga terdakwa.

Namun begitu, Majelis Hakim mempunyai pertimbangan sendiri, apabila dalam satu pekan, PH dalam proses penyusunan Pledoi tersebut belum siap, maka agenda sidang pembelaan tersebut akan dilanjutkan pada pekan keduanya.

Peredaran narkoba ini terungkap, setelah jajaran Polsek Bengkalis menangkap 2 orang di RoRo Bengkalis inisial Andi Saputra dan Dedi Purwanto, pada hari Rabu 25 April 2018 pukul 15.00 WIB, yang diduga jaringan internasional, dengan barang bukti sabu 25 kg dan pil ekstasi 20.800 butir dalam mobil travel.

Baca Juga :  Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Lebak

Dari hasil pengembangan tersebut, kembali temukan barang bukti 30 kg sabu dan 25.918 butir ekstasi, dalam rumah milik pelaku Juliar (23), di Desa Pasiran, Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis.(mr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *