Kolom

Jangan Panik! Ini Kiat Menghadapi Harimau

AKTAINDONESIA.COMHarimau (Panthera tigris) atau si Raja Hutan adalah binatang yang menakutkan bagi manusia, serangannya yang ditampilkan dalam video-video dunia di dunia maya sangatlah mengerikan, Tidak saja di hutan belantara, terkadang binang buas yang dikenal sebagai ‘kucing besar’ ini tidak tertutup kemungkinan untuk masuk meringsek ke perkotaan.

PropellerAds
Loading...

Nah, jika kebetulan kita berhadapan dengan Harimau maka ada beberapa tips atau trik yang sebetulnya harus kita ketahui sebagai siasat menyelamatkan diri.

Seorang ahli dan professor Philip Nyhus dari Colby College, AS, memberikan beberapa langkah untuk menyiasati serangan harimau jika kamu punya kesempatan berkunjung ke hutan.

Pertama jangan panik. Usahakan untuk tetap tenang dan tidak gegabah. Sama seperti manusia yang pasti kaget jika bertemu secara tiba-tiba, harimau pun mungkin akan mengalami hal yang sama. Kedua, halangi serangannya.

Gunakan benda apapun di sekitar kamu yang dapat menghalau harimau tersebut. Ketiga, jaga jarak. Meskipun kamu berusaha untuk berdamai dengannya, usahakan tetap jaga jarak agar tidak terlalu dekat dengannya.

Keempat, jangan terlihat lemah. Selama lebih dari 10.000 tahun otak harimau berevolusi mengambil sesuatu yang dinilai kecil bagi mereka dan menangkapnya dengan cara mematahkan leher dan tulang belakangnya. Tunjukkan bahwa kamu bukanlah hewan mangsanya dan cobalah untuk terlihat besar serta berjalan mundur ke belakang.

Cobalah pula bicara dengan tenang namun tetap tegas agar harimau mau menyingkir, seperti kamu berbicara kepada hewan piaraan kamu. Jika tidak berhasil, kamu dapat menyerang bagian tubuh yang vitalnya. Perlawanan sekecil apapun, akan mempersulitnya mengalahkan kita.

Kelima bunyikan sesuatu untuk minta bantuan. Cobalah untuk menggerakkan objek yang dapat menimbulkan suara sehingga orang yang berada di sekitar kamu dapat memberi pertolongan.

Keenam, lemparkan sesuatu objek ke arah lain. Alihkan perhatian harimau dengan melemparkan sesuatu benda ke arah lain agar mengecoh pandangannya.

Intinya, apapun yang kamu lakukan ketika berhadapan dengan harimau, jangan mencoba untuk membunuhnya. Insting berburu binatang buas bukan untuk menyerang manusia, namun untuk hewan-hewan yang tingkatannya lebih rendah dalam piramida rantai makanan. Lebih penting untuk membiarkannya hidup bebas di alam liar.

Loading...
Baca Juga :  Kriminalisasi Ulama, Masihkah Berlanjut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *