News  

IZI Riau Gelar Pelatihan Tingkatkan Keterampilan SDM

AKTA INDONESIA – Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Riau menggelar program pemberdayaan ekonomi yaitu Pelatihan Keterampilan Menjahit di Jalan Flamboyan 4, Kelurahan Delima, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru pada Rabu (7/7/22).

Program pemberdayaan ekonomi ini digelar dengan tujuan meningkatkan kemampuan serta mendorong perekonomian para penerima manfaat IZI Riau.

Kepala Bidang Pendayagunaan, Abdul Ghofur mengatakan, IZI Riau menyelenggarakan pelatihan keterampilan menjahit yang diikuti 7 penerima manfaat yang lolos seleksi administrasi. Kegiatan pelatihan keterampilan menjahit yang digelar hari ini merupakan pelatihan menjahit angkatan kelima yang diadakan oleh IZI Riau.

“IZI Riau mempunyai program pemberdayaan ekonomi, yang merupakan bentuk upaya untuk memberdayakan para mustahik untuk menjadi muzakki. Program pelatihan menjahit ini sudah pada angkatan ke 5. Donatur memberikan amanah dan kepercayaan kepada IZI Riau agar adik-adik dan ibu-ibu yang mengikuti program ini bisa memperbaiki finansialnya ke depannya, serta bisa berinovasi melalui program ini. Harapannya dengan niat yang ikhlas karena Allah SWT, adik-adik dan ibu-ibu bisa menjadi penjahit yang handal.” ujarnya dalam keterangannya Rabu (7/7/22).

Dia menjelaskan, pelatihan tersebut diselenggarakan selama 3 bulan ke depan, sejak 07 Juli 2022. Para peserta akan dibekali dengan kemampuan keterampilan menjahit berbagai jenis pakaian.

“Semoga dalam tiga bulan kedepan, peserta dapat menekuni ilmu yang didapat untuk ke depannya nanti. Terima kasih kepada para donatur yang telah memberikan amanah kepada IZI Riau sehingga program pemberdayaan ekonomi ini bisa terlaksana.” jelas Abdul Ghofur.

Dalam kesempatan yang sama, Adnan selaku Ketua RT 08 Perumahan Flamboyan 4 menitip pesan kepada para peserta agar dapat mengikuti penuh kegiatan pelatihan menjahit ini dengan niat yang ikhlas.

“Tanpa niat yang benar dan sungguh-sungguh maka apa yang kita lakukan tidak akan mencapai pada hasil yang maksimal. Harapannya adik-adik rajin mengikuti kegiatan rutin ini. Yang terpenting adalah niat, jika niatnya sudah benar dan bersungguh-sungguh, InsyaAllah akan berhasil menjadi penjahit yang profesional dan menghasilkan.” ungkapnya.

Baca Juga :  Putra Dwi Wahyu, Relawan Gempa Pasaman Ini Gugur dalam Menjalankan Tugas Mulia

Sebelum ditutupnya acara pembukaan, salah satu peserta pelatihan menjahit, Desi Paramitha menyampaikan rasa terima kasihnya kepada IZI Riau karena telah mewadahi tempat untuk mengasah keterampilan.

“Saya mewakili peserta mengucapkan terima kasih kepada IZI Riau yang sudah memberikan wadah untuk mengasah keterampilan terutama menjahit. Ini awal kita untuk sama-sama belajar menjadi seseorang yang InsyaAllah bermanfaat, mungkin jika pun belum bisa bermanfaat untuk orang lain, tetapi bermanfaat untuk diri kita sendiri.” ungkap Desi Paramitha.

Diakhir sesi, dilakukan foto bersama peserta dan dilanjutkan dengan pelatihan menjahit dimulai dari pengenalan mesin jahit dan cara penggunaannya.