News

Innalillahi, Mantan Gubernur Sulsel ZB Palaguna Wafat

AKTAINDONESIA.COM, MAKASSAR – Innalillahi Wainnailaihi Raajiuun…, Berita duka datang dari Kota Makassar, Mantan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) periode 1993-2003, Mayjen (Purn) Zainal Basri (ZB) Palaguna, Wafat.

PropellerAds
Loading...

Palaguna meninggal dunia di usia 80 tahun, di kediamannya, di Jalan Hertasning Raya Nomor 28, Makassar, pukul 16.15 Wita, Rabu (2/10/2019). Almarhum meninggalkan seorang istri, 4 putra-putri, dan 10 cucu.

ZB Palaguna

Sebelum menjadi Gubernur Sulsel, Palaguna pernah menjabat Panglima Komando Daerah Militer VII/Wirabuana di tahun 1991-1993. Almarhum juga pernah menjadi Ketua DPD PDI Perjuangan Sulsel periode 2005-2015.

Putra keempat Palaguna, Mawang Batara Soli (48) yang ditemui di rumah duka, mengatakan kondisi kesehatan ayahnya menurun sekitar seminggu yang lalu.

“Keluhan bapak sebelum meninggal hanya batuk dan tidak mau makan, selain itu bapak sering merasa nyeri di kaki kirinya, akibat pernah cedera saat ikut terjun payung waktu masih di Akademi Militer,” ujar Mawang.

Mawang mengatakan, jenazah ayahnya akan dimakamkan di pekuburan keluarga di Desa Sampie, Kecamatan Lappariaja, Kabupaten Bone, Kamis (3/10).

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb mengenang almarhum sebagai pemimpin sederhana, detail dan disiplin ketika menjalankan tugas, dan selalu memotivasi bawahannya.

“Periode pertama almarhum sebagai gubernur, saya selalu ikut mendampingi dinas luar kota untuk menyiapkan berkas presentasi beliau, beliau sangat disiplin dan detail melakukan tugas-tugasnya,” tutur Iqbal.

Sementara itu, mantan Wagub Sulsel Agus Arifin Nu’mang, almarhum merupakan tokoh tetuah Sulsel yang sangat peduli pada daerahnya, serta sering memberi nasehat pada para penerusnya di pemerintahan.

“Almarhum selalu menasehati kami, khususnya terkait masalah pertanian di Sulsel, di masa pemerintahan beliau fokus pada gerakan peningkatan produksi dan ekspor dua kali lipat (Grateks-2), yang merupakan kelanjutan program Petik-Olah-Jual gubernur sebelumnya, Gubernur Amiruddin,” pungkas Agus.

Suasana di rumah duka saat ini, banyak tokoh pemerintahan, tokoh masyarakat, dan keluarga yang datang melayat almarhum.

Loading...
Baca Juga :  Tragisnya Tabrakan Beruntun di Sibolangit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *