Ini Finalis Segak Lawa Unilak 2020

AKTAINDONESIA.COM, PEKANBARU – Pada tahun 2020 ini menjadi tahun perdana diadakannya pemilih Segak Lawa Unilak, Segak Lawa merupakan ajang pemilihan yang mirit bujang dara di Riau, tapi ini dilakukan di universitas Lancang Kuning dan baru pertama dilakukan.

Segak Lawa adalah karakter yang di kenal dalam kehidupan budaya Melayu yang memiliki makna kuat. Segak diperuntukkan bagi laki laki yang memiliki karakter kuat, karakter orang bijak, akhlak baik. Sementara Lawa diperuntukkan bagi perempuan yang memiliki paras cantik dan molek, dan berakhlak baik.

Proses pelaksanaan audisi telah dilakukan sejak Milad Unilak ke 38 di bulan Juni, proses seleksi dilakukan di fakultas kemudian menjadi utusan di tingkat universitas. Pemilihan Segak dan Lawa dibuka oleh rektor Unilak, Dr. Junaidi, turut hadir wakil rektor I Zamzami.SKom.M.kom, wakil rektor II Hardi, SE.MM, wakil rektor III Dr Bagio Kadaryanto.SH.MH jajaran dekan dan dosen.

Rektor Unilak Dr. Junaidi saat membuka pemilihan Segak Lawa mengatakan,
Pemilihan Segak dan Lawa baru pertama diadakan di Unilak, dan ini seperti bujang dara di Riau. Bagi kita sebahagian mahasiswa agak asing dengan istilah Segak dan Lawa.

“Kegiatan ini seperti bujang dan dara
Mungkin sekarang asing tetapi Segak Lawa akan menjadi karakter di Unilak”.

Dijelaskan Rektor, Segak adalah karakter kuat, karakter orang bijak, akhlak baik. Diambil dari bahasa Melayu, bagi yang tinggal di kampung kampung ada istilah Segak di peruntukan bagi orang laki laki.
Sehingga nantinya mahasiswa Unilak, mampu menempatkan diri, pandai bertutur kata, seperti apa berbicara dengan orang tua, berbicara dengan sebaya.

“Nah untuk Lawa, Lawa itu artinya cantik, molek, tapi bagi orang Melayu cantik itu tidak hanya muka tapi akhlak yang baik dan mulia itu yang diinginkan dan di harapkan. Ini adalah hal yang baru. Ini gabung karakter, intelektual, pembawaan anda”.

Baca Juga :  Raih IPK 3,81, Reflani Terima Penghargaan Dari Dekan FIA

Proses ini telah dilakukan di fakultas,
Harapan saya para finalis kami berharap anda yang hadir sebagai finalis menjadi duta dari Fakultas Fakultas yang ada di Unilak. Yang menjadi pemenang akan menjadi duta universitas akan banyak kegiatan yang dilibatkan bagi para finalis. Dan ini bisa menjadi lompatan bagi mahasiswa untuk berprestasi di luar. Ujar rektor.

Dalam pemilihan Segak Lawa ini para peserta menunjukkan keterampilan dan kabat yang dimiliki, diantaranya ada musik, silat, publik speaking, tari, monolog, puisi dan lain lain yang dilakukan penilaian oleh tiga juri dosen unilak, Marta Dinata.MPd, Olivia Anggie Johar.SH.MH dan Della

Berikut nama nama Segak dan Lawa Di Unilak

Peserta Segak : Mahel Alamsyah (FIA), Heriyanto (Fekon), Riyan Julyansah (Teknik), Victor Andrianus ( pertanian), Muhammad Abel Siagian (Hukum), Arya Maryandi(FIB), Kefin Perdinan ( kehutanan), Nanda Surya( Fasilkom), Galuh Coswara (FKIP).

Peserta Lawa: Mellyana Putri (FIA), Tamara Adinda saputri (Fekon), Desra Melenia Saputri ( Teknik ), Resa Lorenza ( pertanian) Frizilia Prosa (hukum), Rasya Andria (FIB), Tasya Aprilia Amanda (kehutanan), Virranda Annisa ( Fasilkom),
Kori nur Ardani (FKIP)

Loading...
__Posted on
09/07/2020
__Categories
UNILAK

Author: Akta Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PropellerAds