Ini Bahayanya Sering Konsumsi Kopi Instan

Ini Bahayanya Sering Konsumsi Kopi Instan

Ini Bahayanya Sering Konsumsi Kopi Instan

AKTAINDONESIA.COM – Kopi instan merupakan versi bubuk dan larut air dari kopi reguler.Untuk membuatnya anda hanya cukup menambahkan beberapa sendok kopi instan ke dalam gelas serta air hangat.

Kopi instan yang banyak beredar di pasaran pada umumnya tidak sepenuhnya mengandung biji kopi asli. Kopi jenis ini hanya menggunakan perasa kopi dan pemanis buatan, sehingga dapat dijual dengan harga yang sangat murah. Kopi yang segar, sehat dan berasal dari biji yang berkualitas tidak mungkin dibanderol dengan harga murah.

Beberapa pakar kesehatan mengungkapkan bahwa kebiasaan mengonsumsi kopi instan memiliki dampak yang berbahaya karena kandungan yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah bahaya yang mengancam kesehatan apabila Anda rutin mengonsumsi kopi instan.

1. Mempengaruhi Sistem Saraf

Cara kopi instan di proses menyebabkan terbentuknya akrilamid.Paparan akrilamid berhubungan dengan neourotoksisitas yang berdampak kepada sistem saraf.Sementara akrilamid dalam makanan terbentuk memicu pertumbuhan sel kanker pada percobaan dengan menggunakan hewan.

2. Memicu Penyakit Jantung

Kandungan kafein dalam kopi instan adalah kafein buatan. Jika dikonsumsi berlebihan, hormon dopamin pada tubuh akan meningkat, yang pada akhirnya mengganggu kesehatan jantung. Beberapa gangguan kesehatan lain juga bisa muncul karena kandungan kafein di dalam tubuh yang terlalu tinggi.

3. Meningkatkan Resiko Diabetes

Penyakit ini tak dapat dihindari bila Anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi kopi instan. Memang kopi instan memiliki kafein yang Anda butuhkan, namun kopi yang terkandung di dalamnya hanyalah perasa kopi, bukan biji kopi asli.
Kopi instan mengandung gula atau pemanis buatan yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena diabetes. Jika terpaksa mengonsumsi kopi instan, sebaiknya diimbangi dengan anda sering konsumsi air putih lebih banyak.

Baca Juga :  Pekanbaru Pagi Ini ; Jokowi Terima Gelar Adat, Atribut Demokrat di Rusak OTK

4. Menggangu Penyerapan Zat Besi

Kopi instan yang kita konsumsi saat atau satu jam setelah makan menyebabkan penurunan zat besi yang seharusnya di cerna oleh usus,secara signifikan. Mekanisme ini lebih besar dampaknya ketika jumlah kafein dalam kopi instan tersebut termasuk tinggi. Namun hal ini tidak terjadi ketika kopi instan dikonsumsi satu jam sebelum makan.

Deri Syaputra

leave a comment

Create Account



Log In Your Account